LAPORAN KELOMPOK KEGIATAN
MAHASISWA KULIAH
KERJA NYATA (KKN)
UNIVERSITAS NEGERI
MAKASSAR
ANGKATAN XXXVI
TAHUN 2017
OLEH :
1. ACHMAD FAIZ (EKONOMI PEMBANGUNAN)
2. A.M. ARAFANDI (EKONOMI PEMBANGUNAN)
3. AMALIA ULFA (PG-PAUD)
4. NURULWAFIYYAH (PG-PAUD)
5. SATRIANI (PG-PAUD)
6. ULFIAH MUSTAMING (PGSD)
7. RARA REZKY SETIAWATI (SASTRA INDONESIA)
8. DEVI RUSNAWATI (SASTRA INDONESIA)
PUSAT
KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA
PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS
NEGERI MAKASSAR
2017
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan
ini merupakan hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) XXXVI Universitas Negeri
Makassar Tahun 2017, yang dilaksanakan dari 29 Maret sampai 18 Mei di Desa
Pallimae, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo.
Laporan
ini dinyatakan diterima setelah memenuhi ketentuan dan pernyataan yang berlaku.
Pallimae,
Mei 2017
Mahasiswa KKN XXXVI UNM
Desa Pallimae, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo
Kordinator
Kecamatan Kordinator Desa
Ibrahim Achmad Faiz
1365141010 1396142012
Mengetahui,
Kepala
Desa Pallimae Dosen Pembimbing
KKN XXXVI UNM
Masse,
S.IP Dr.
Andi Agussalim AJ, S.Pd., M.Hum
NIP. 19710817 200003 1 002
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan Rahmat dan hidayah-Nya kami
dapat menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI Universitas Negeri Makassar tahun 2017 di
Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.
Laporan akhir ini kami susun sebagai
bentuk pertanggung jawaban kegiatan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI Universitas Negeri Makassar tahun 2017 yang
kami laksanakan mulai tanggal 29 Maret – 18 Mei 2017.
Banyak
pihak yang telah membantu kami dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Angkatan
XXXVI Universitas Negeri Makassar tahun
2017 di Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo. Sehingga kami mengucapkan banyak
terimah kasih kepada pihak tersebut dibawah ini.
1. Rektor
Universitas Negeri Makassar selaku penanggung jawab Kuliah Kerja Nyata Angkatan
XXXVI Universitas Negeri Makassar tahun
2017.
2. Ketua LPPM
Universitas Negeri Makassar atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk
mengikuti kegiatan KKN angkatan XXXVI tahun 2017.
3. Bapak
Dr. Andi Agussalim AJ, S.Pd., M.Hum. selaku dosen pembimbing lapangan Kecamatan
Sabbangparu, Kabupaten Wajo.
4. Bapak
Camat Sabbangparu Tusman, S.SOS., M.SI
beserta staf yang telah memberikan pengarahan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja
Nyata Angkatan XXXVI Universitas Negeri
Makassar tahun 2017.
5. Bapak
Kepala Desa Pallimae Masse, S.IP sekaligus staf atas bantuan, pengarahan,
bimbingan dan fasilitas yang telah diberikan kepada kami selama pelaksanaan
Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI
Universitas Negeri Makassar tahun 2017.
6. Bapak
Syarifuddin dan Ibu Hj. Megawati. Yang telah memberikan kesempatan kepada kami
untuk menetap dirumah kediaman beliau selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata
Angkatan XXXVI Universitas Negeri
Makassar tahun 2017.
7. Seluruh
masyarakat di Desa Pallimae atas semua dukungan dan partisipasinya dalam
pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI
Universitas Negeri Makassar tahun 2017.
8. Kepada
semua pihak terkait yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Kami sampaikan
terimah kasih sebesar-besarnya atas bantuan, dukungan serta do’a yang telah
diberikan kepada kami.
Demikian laporan ini kami susun dengan
sebaik-baiknya. Kami menerima segala kritikan dan saran atas pelaksanaan
kegiatan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI
Universitas Negeri Makassar tahun 2017 karena dalam penyusunan laporan
akhir ini kami sadar masih banyak kekurangan. Kami juga memohon maaf
sebesar-besarnya apabila kami telah melakukan kesalahan dalam pelaksanaan
Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI
Universitas Negeri Makassar tahun 2017 dan penyusunan laporan ini. Akhirnya
semoga laporan ini berguna bagi segenap pihak dan khususnya bagi pelaksana
Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI
Universitas Negeri Makassar tahun 2017 yang akan datang.
DAFTAR ISI
HALAMAN PENGESAHAN ................................................................... i
KATA PENGANTAR .............................................................................. ii
DAFTAR ISI ............................................................................................ iv
BAB I PENDAHULUAN
A.
Gambaran
Umum Lokasi KKN ............................................................ 1
B.
Maksud
dan Tujuan Laporan KULIAH KERJA NYATA (KKN) ....... 2
C.
Program
Pembangunan Desa Yang Telah Ada..................................... 3
BAB II ANALISIS SITUASI DESA
A.
Potensi
Desa.......................................................................................... 4
B.
Keadaan
Perekonomian Desa Pallimae ................................................ 5
C.
Keadaan
Pendidikan Desa Pallimae ..................................................... 6
D.
Keadaan
Sosial dan Pemerintahan Daerah Lokasi................................ 6
E.
Prasarana
dan Sarana............................................................................. 6
BAB III PERMASALAHAN KEBUTUHAN
A.
Observasi
Lapangan ............................................................................. 8
B.
Permasalahan
Yang Mungkin Muncul ................................................. 8
BAB IV PERUMUSAN PROGRAM KERJA
A.
Program
Kerja..................................................................................... 11
-
Lampiran
Rekapitulasi Program Kerja.......................................... 16
-
Lampiran
Rekapitulasi Kalender Kerja......................................... 18
BAB V HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Pelaksanaan
Program KKN ................................................................ 20
B.
Kendala
Pelaksanaan Program Kerja ................................................. 27
BAB VI PENUTUP
A.
Kesimpula
........................................................................................... 28
B.
Saran-saran
......................................................................................... 29
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
BAB l
PENDAHULUAN
A. Gambaran Umum Lokasi KKN
1. Kondisi Geografis Desa
Desa
Pallimae merupakan salah satu dari 15 kelurahan/desa yang ada di Kecamatan
Sabbangparu dengan luas wilayah 1238 Ha yang semuanya terdiri dari dataran
rendah sebab. Desa Pallimae juga merupakan daerah pesisir Danau Tempe yaitu
salahsatu danau terbesar di Sulawesi Selatan yang diapit oleh tiga Kabupaten,
yaitu Kab. Wajo, Kab. Soppeng dan Kab. Sidrap. Desa Pallimae terdiri dari 2
Dusun, yaitu Manyyili dan Salotenga yang dulunya merupakan pemekaran dari Desa
Ugi. Adapun batas wilayah sebagai berikut:
a. Sebelah
Utara berbatasan dengan Desa Ugi dan Danau Tempe
b. Sebelah
Timur berbatasan dengan Desa Mallusesalo
c. Sebelah
Selatan berbatasan dengan Desa Salotengnga
d. Sebelah
Barat berbatasan dengan Desa Worongnge
Dilihat
dari tipografi, Desa Pallimae secara umum berada pada ketinggian 10 M s/d 150 M diatas
permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar antara 24o s/d 32o
Celcius.
2. Orbitasi dan Waktu Tempuh
Tabel
1.1 Orbitasi dan Waktu Tempuh
No.
|
Orbitasi
dan Jarak Tempuh
|
Keterangan
|
1
|
Jarak ke Ibukota
Kecamatan
|
5
km
|
2
|
Jarak ke Ibukota
Kabupaten
|
18
km
|
3
|
Jarak ke Ibukota
Propinsi
|
185
km
|
4
|
Waktu Tempuh ke Ibukota
Kecamatan
|
30
menit
|
5
|
Waktu Tempuh ke Ibukota
Kabupaten
|
1
jam
|
6
|
Waktu Tempuh ke Pusat
Fasilitas Terdekat (Ekonomi, Kesehatan, Pemerintahan)
|
30
menit
|
Sumber: Data Profil Desa Pallimae
3. Kondisi Demografis Desa
Tabel 1.2 Jumlah Penduduk Desa
Pallimae
No.
|
Keterangan
|
Jumlah
|
1
|
Jumlah Laki-laki
|
893 Jiwa
|
2
|
Jumlah Perempuan
|
1981 Jiwa
|
3
|
Total
|
2874 Jiwa
|
4
|
Jumlah Kepala Keluarga
|
725 KK
|
5
|
Kepadatan Penduduk
|
221 jiwa per km2
|
Sumber: Data Profil Desa Pallimae
No.
|
Sarana pendidikan
|
Jumlah
|
1
|
PAUD
|
2 buah
|
2
|
Sekolah
Dasar (SD)
|
2 buah
|
4.
Sarana
Pendidikan
Tabel
1.3 Sarana Pendidikan
Sumber:
Data Profil Desa Pallimae
B.
Maksud
dan Tujuan Laporan
Kuliah
Kelja Nyata (KKN) yang dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan tidak lain
adalah sebagai wujud pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan ini
merupakan proses pcngaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa, baik berupa
ilmu dalam kegiatan akademik maupun ilmu yang berupa pengalaman berorganisasi.
Mahasiswa KKN merupakan motivator, inovator dan fasilitator dalam mempercepat
kemajuan desa, dalam hal ini desa yang tertinggal. Dengan berbekal ilmu dari
perguruan tinggi serta teknik manajemen yang baik, mahasiswa dapat mendorong
dan menggerakkan anggota masyarakat untuk bersama-sama memajukan desa mereka.
Selain
itu, yang tidak kalah penting adalah bahwa KKN juga merupakan wujud kerjasama
antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah setempat. Keberhasilan KKN ini
mencerminkan kesuksesan dari kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat di
dalamnya. Keberhasilan KKN UNM Angkatan XXXVI Tahun 2017 tidak lepas dari kerjasama
antara empat elemen, yaitu mahasiswa, perguruan tinggi (UNM), pemerintah dacrah
setempat, dan masyarakat Kabupaten Wajo pada umumnya, terkhusus masyarakat Desa
Pallimae.
Adapun
tujuan pelaksanaan kegiatan KKN diuraikan sebagai berikut:
1.
Mampu menciptakan saljana yang profesional
yang siap pakai di bidangnya, baik bidang pendidikan maupun bidang
non-pendidikan, schingga dapat menjadi solusi ilmiah terhadap segenap
permasalahan yang tetjadi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.
Sebagai pendekatan perguruan tinggi
terhadap masyarakat, sehingga mampu menyelesaikan dinamika perkembangan
masyarakat dalam konsep-konsep pendidikan.
3.
Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan
Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dalam
hal ini membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan di segala bidang.
4.
Dapat terlibat langsung dengan masyarakat
yang pada gilirannya akan memperoleh pengalaman berharga yang tidak didapatkan
di dunia kampus.
5.
Dengan adanya penguasaan ilmu pengetahuan,
teknologi dan seni, maka dapat ditransfer kepada masyarakat dalam bentuk
berbagai program.
6.
Menjalin hubungan baik antara mahasiswa
KKN dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda sehingga bersama-sama mampu
berflkir dan bekcxja secara lintas bidang serta lintas bidang kehidupan
berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah.
C.
Program
Pembangunan Desa Yang Telah Ada
Adapun program
pembangunan desa yang telah ada yaitu:
1.
Pembuatan Saluran Irigasi
2.
Pembangunan Jalan Tani
3.
Pembuatan Sumur dan Sanitasi
BAB ll
ANALISIS SITUASI DESA
A. Potensi Desa
Potensi
yang ada di Desa Pallimae pada dasarnya sangat banyak, namun yang paling
menonjol dan berpotensi adalah dari segi Pertanian dan Perkebunan. Karena Desa
Pallimae memiliki luas lahan persawahan 165 Ha dan luas lahan perkebunannya 153
Ha, dengan luas lahan persawahan dan perkebunannya yang sangatlah luas sangat
berpotensi untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Kesuburan tanah dengan
tingkat subur hingga sedang ini sangat menguntungkan bagi para penduduk yang
pada memang umumnya bekerja sebagai petani sehingga dapat memanfaatkan lahan pertanian
maupun perkebunannya maka akan sangat berpotensi dalam kegiatan peningkatan
perekonomian masyarakat Desa Pallimae, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo.
Kegiatan pemanfaatan lahan pertanian dan
perkebunan yang biasa di lakukan untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa
diantaranya:
1. Penanaman
Padi
2. Penanaman
Palawija
3. Penanaman
Sayuran
4. Penanaman
Pisang
Dengan
lahan pertanian yang luas dan curah hujan yang mencapai 150-300 mm dan jumlah
bulan hujan selama enam bulan serta adanya sistem irigasi air yang baik yang
mendukung kegiatan pertanian di Desa Pallimae, maka jika Masyarakat serta
Kelompok Tani bekerja sama dengan baik dalam rangka peningkatan pertanian maka
lahan pertanian akan produktif selanjutnya sumber ekonomi masyarakatpun akan
meningkat dan tidak akan ada lahan yang tidak berguna dan hanya menjadi lahan
kosong semata.
Agar
pemanfaatan lahan pertanian maksimal diperlukan dukungan berbagai bidang dan
partisipasi tiap kalangan masyarakat. Yang harus ada diantaranya alat-alat
penunjang pada saat pelaksanaan penanaman padi atau palawija serta sayuran,
serta pengadaan alat dan bahan saat perawatan tanaman hingga masa panen tiba,
selain itu perlu ada penyuluhan tentang pertanian untuk membekali pengetahuan
masyarakat tentang pertanian.
Dari
Segi lokasi, Desa Pallimae fasilitas umum yang ada diantaranya terdapat Kantor
Desa, Balai Pertemuan Desa, Lapangan Bola, Masjid Syuhada 45, Masjid Surya,
Masjid Babussa’adah.
Dari
segi pendidikan, Pendidikan bagi Desa Pallimae bukan merupakan sesuatu yang
asing dan dianggap juga sebagai suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh
anak-anak pada usia sekolah. Sarana pendidikan yang tersedia di Desa Pallimae
cukup memadai dengan PAUD 2 buah, SD 2 buah. Dalam hal partisipasi untuk
bersekolah, para siswa di SD sangat partisipatif, mereka tidak pernah bolos
sekolah dan absen hanya jika mereka sakit. Tingkat partisipasi sekolah para
siswa yang tergolong aktif tersebut didukung pula dengan peran orangtua yang
mau turut serta dalam pembangunan sekolah maupun dalam hal mengantarkan
anak-anak mereka ke sekolah yang berjarak jauh dari tempat tinggal mereka.
Guru-guru di sekolah juga mendukung siswa-siswa untuk tetap aktif ke sekolah
dan juga mendukung siswa-siswa untuk terlibat kegiatan di luar sekolah.
Teman-teman di lingkungan pertemanan juga membuat siswa-siswa tetap bersemangat
untuk menjalani aktivitas mereka sebagai siswa.
Dari segi
infrastruktur, kondisi infrastruktur Desa Pallimae sangat memprihatinkan
meskipun dapat diakses baik oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Karena
kondisi jalanan yang bersaspal hanya sepanjang 1 km selebihnya jalan batu
bertanah sehingga saat hujan turun jalanan menjadi becek dan licin.
B.
Keadaan Perekonomian Desa Pallimae
Sebagian besar penduduk di Desa
Pallimae yaitu 30,6% bermata pencaharian sebagai petani, buruh tani 18,79%,
perkebunan 20,7%, peternakan 10,3%, pedagang 4,45%, PNS 1,05%, lain-lainnya 15,16%.
Selain itu sarana dan prasarana yang mendukung perekonomian Desa Pallimae
terdapat toko/kios 20 buah, angkutan umum 8 buah, industri kecil 30 buah, Usaha
Kerajinan 50 buah.
C.
Keadaan Pendidikan Desa Pallimae
Penduduk Desa Pallimae sampai
sekarang masih banyak didominasi oleh jumlah tamatan Sekolah Dasar (SD) yaitu
1240 orang, tamatan SMP 308 orang dan tamatan SMA 72 orang, sedangkan tamatan
sarjana atau perguruan tinggi sangatlah minim yakni 5 orang. Dalam hal sarana
dan prasarana Desa Sukaharja memiliki PAUD 2 buah dan SD 2 buah. Namun, kondisi
yang berbeda terlihat dari Anak-anak Desa Pallimae mereka sangat antusias dalam
belajar, misalnya saja ketika mengadakan Bimbingan Belajar yang sasarannya anak
Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai kelas 6, mereka sangat antusias mengikuti
bimbel tersebut dan kegiatan Bimbingan Belajar tersebut mendapat dukungan yang
sangat positif dari orang tua murid.
D.
Keadaan Sosial dan Pemerintahan
Daerah Lokasi
Masyarakat Desa Pallimae masih
sangat menjunjung tinggi rasa Gotong Royong. Hal ini terlihat dari proses
pembangunan irigasi yang pembiayaannya penuh dari desa yang diperuntukkan untuk
meningkatkan perekonomian. Masyarakat Desa Pallimae sangat antusias dalam hal
pembangunan Irigasi tersebut. Adapun kegiatan sosial yang menyangkut keagamaan
diantaranya Yassinan dan Dzikir Bersama yang dilakukan rutin tiap malam Jum’at di
3 Masjid se Desa Pallimae. Keadaan pemerintah Desa Pallimae terlihat sangat
baik, hal itu bisa dilihat dari kehadiran aparat desa setiap harinya.
E.
Prasarana
dan Sarana
Dalam
meningkatkan kualitas sumber daya manusia perlu ditunjang dengan kelengkapan
sarana dan prasarana baik sarana pendidikan, kesehatan maupun fasilitas-fasilitas
umum. Untuk mengetahui sarana dan prasarana di Desa Pallimae dapat dilihat pada
Tabel 2.1 berikut ini :
Tabel
2.1 Prasarana dan Sarana
No.
|
Prasarana / sarana
|
Keterangan
|
Kondisi
|
1
|
Kantor Desa
|
1 Buah
|
Baik
|
2
|
Balai Pertemuan
Desa
|
1 Buah
|
Baik
|
3
|
Jalan Desa
|
6 Km
|
Baik 1 km, Rusak
5 km
|
4
|
Masjid
|
3 Buah
|
Baik
|
5
|
Sekolah
|
4 Buah
|
Baik
|
6
|
Poskesdes
|
1 Buah
|
Baik
|
7
|
Posyandu
|
2 Buah
|
Baik
|
8
|
Pos Kamling Desa
|
2 Buah
|
Baik
|
9
|
Tempat Pemakaman
Umum
|
2 Buah
|
Baik
|
10
|
Kendaraan Umum
R4
|
8 Buah
|
Baik
|
11
|
Jembatan
|
5 Buah
|
Baik
|
12
|
Perahu/bermotor
tempel
|
320 Buah
|
Baik
|
Sumber : Data Profil Desa Pallimae
BAB III
PERMASALAHAN KEBUTUHAN
A.
Observasi
Lapangan
Observasi lapangan dilaksanakan sebelum
program kerja berjalan. Tujuan dilakukannya observasi adalah untuk mengetahui
situasi dan kondisi di wilayah Desa Pallimae. Pada tanggal 30 Maret 2017 atau
hari pertama di lokasi dilakukan kunjungan ke Kantor Desa dan kunjungan ke
setiap Dusun yang ada di desa tersebut. Dalam kunjungan ini di temukan beberapa
kendala di desa tersebut seperti akses jalan yang rusak parah.
Gambaran umum Desa Pallimae yang diperoleh
dari hasil observasi adalah sebagai berikut:
1.
Sebagian besar penduduk Desa Pallimae
berprofesi sebagai petani, buruh tani, pedagang, dan beberapa PNS
2.
Kondisi jalan yang rusak berat dan yang
bagus hanya sekitar 1 km
Dalam
menjalankan suatu program kerja yang paling penting diperhatikan adalah
permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh wilayah tersebut. Dalam hal ini
yang harus dilakukan adalah melakukan observasi lapangan sekaligus melakukan
sosialisasi di wilayah yang bersangkutan.
Pada tanggal 31 Maret 2017 dilaksanakan
rapat posko. Dalam rapat posko disepakati untuk melakukan kunjungan ke kantor
desa, kunjungan ke rumah-rumah kepala dusun, dan kunjungan ke warga-warga
sekitar. Salah satu tujuan kunjungan terebut adalah untuk bersosialisasi dengan
warga dan lingkungan sekitar.
B. Permasalahan Yang Mungkin Muncul
Setelah melakukan observasi keliling Desa
ditemukan beberapa hal yang seharusnya dikembangkan maupun dibenahi kembali di Desa
Pallimae. Berdasarkan situasi potensi desa beberapa aspek yang perlu dibenahi
ataupun dikembangkang kembali, yaitu:
1.
Aspek pendidikan
·
Kekurangan Guru di SDN No. 290 Pallimae
·
Kegiatan Ekstrakulikuler yang kurang bagi
anak-anak
·
Perlunya penyusunan ulang buku-buku di
perpustakaan SDN No. 290 Pallimae sesuai dengan aturan kamus DDW
·
Perlunya pembenahan mading sekolah di SDN
No. 290 Pallimae
·
Kurangnya media pembelajaran di PAUD KB
Pallimae 1 dan PAUD KB Pallimae 2 serta dinding paud yang perlu diberi gambar
yang menarik
·
Perlunya mengajarkan sifat hemat kepada
siswa SD agar tidak berprilaku konsumtif
2.
Aspek Prasarana
·
Cat Pagar Kantor Desa yang kusam sehingga
perlu untuk di cat kembali/diperbaharui
·
Tidak adanya tanda petunjuk jalan menuju
Desa sehingga membuat kita kesasar ke desa tetangga seperti yang dialami
teman-teman dari posko lain yang berkunjung ke posko.
3.
Kesehatan dan Kebersihan
·
Kondisi masjid yang plafonnya terdapat
sarang laba-laba ataupun kaca dan jendela yang berdebu sehingga perlunya
dibersihkan
·
Halaman kantor desa yang juga perlu di
tambahkan bunga-bunga
·
Antusiasme Ibu-ibu dalam olahraga senam
namun kurangnya instruktur senam
4.
Kerohanian
·
Masih adanya siswa yang belum paham atau
belum memenuhi cara berwudhu yang baik dan benar
·
Adanya kegiatan tiap desa/pengurus masjid
pada peringatan Isra Mi’raj sehingga perlunya berpartisipasi membantu
kelancaran kegiatan tersebut
·
Perlunya berpartisipasi untuk menambah
iman dan taqwa kami dengan mengikuti kegiatan Yasinan dan Dzikir Bersama di
Masjid terdekat setiap malam jumat
Beberapa aspek tersebut menjadi pertimbangan kami
sebagai mahasiswa KKN UNM XXXVI Tahun 2017 di Desa Pallimae dalam memilih
program kerja yang nantinya akan
dilaksanakan selama enam minggu.
Ada beberapa aspek yang ditinjau lebih jauh. Hal
tersebut dikarenakan terbatasnya waktu di Desa Pallimae kemudian dilakukan
peninjauan lebih detil yang sangat menonjol di Desa Pallimae.
BAB IV
PERUMUSAN PROGRAM KERJA
A.
Program
Kerja
Pada tanggal 2 April 2017 dilakukan
seminar program kerja yang bertempat di Balai Pertemuan Desa Pallimae. Dari
hasil musawarah dengan masyarakat Desa Pallimae disepakati beberapa program kerja
yang akan dilaksanakan. Ada tiga belas program kerja yang akan dijalankan
selama masa Kuliah Kerja Nyata di Desa Pallimae:
1. Bidang Kegiatan Pendidikan:
1.1.
Mengajar
di SD dan PAUD
a. Tujuan :
· Pengembangan
potensi diri dan wawasan serta kreatifitas sebagai guru nantinya
· Membantu
pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
b.
Sasaran :
Siswa
c.
Waktu Pelaksanaan : Dikondisikan setiap Senin-Sabtu
d.
Lokasi :
SDN No. 290 dan PAUD KB 1 & 2
1.2.
Bimbingan
Belajar Untuk Siswa
a.
Tujuan :
·
Untuk menambah pengetahuan siswa di luar
kelas
b.
Sasaran :
Siswa SDN No. 290 Pallimae
c.
Waktu Pelaksanaan : Dikondisikan setiap sore hari
d.
Lokasi :
Sekolah Posko
1.3.
Pembenahan
Perpustakaan SDN No. 290 Pallimae
a.
Tujuan :
·
Mengkalisfikasikan buku-buku sesuai dengan
aturan kamus DDW
·
Membantu pihak sekolah dalam menghadapi
lomba sekolah se-Kecamatan Sabbangparu
b.
Sasaran :
Perpustakaan Sekolah
c.
Waktu Pelaksanaan : 3 April – 5 April 2017
d.
Lokasi :
Sekolah SDN No. 290 Pallimae
1.4. Pembenahan Mading Sekolah SDN No. 290
Pallimae
a.
Tujuan :
·
Mengaktifkan kembali mading yang sudah ada
dengan memperbaharuinya
·
Memberi wadah untuk mengembangkan
kreatifitas dan aspirasi siswa
b.
Sasaran :
Mading Sekolah
c.
Waktu Pelaksanaan : 3 April – 5 April 2017
d.
Lokasi :
Sekolah SDN No. 290 Pallimae
1.5.
Sosialisasi
tentang pentingnya Menabung
a.
Tujuan :
·
Membiasakan hidup hemat dan mengatur
keuangan
·
Mengindari sikap konsumtif yang berlebihan
b.
Sasaran :
Siswa
c.
Waktu Pelaksanaan : Kamis, 27 April 2017
d.
Lokasi :
Sekolah SDN No. 290 Pallimae
1.6.
Mendekor
PAUD KB Pallimae 1
a.
Tujuan :
·
Menambahkan ornamen yang bersifat edukatif
·
Memberikan gambar menarik pada dinding
sekolah
b.
Sasaran :
Siswa
c.
Waktu Pelaksanaan : 13 April – 20 April 2017
d.
Lokasi :
Sekolah PAUD KB Pallimae 1
1.7.
Mendekor
PAUD KB Pallimae 2
a.
Tujuan :
·
Menambahkan ornamen yang bersifat edukatif
·
Memberikan gambar menarik pada dinding
sekolah
b.
Sasaran :
Siswa
c.
Waktu Pelaksanaan : 1 Mei – 9 Mei 2017
d.
Lokasi :
Sekolah PAUD KB Pallimae 1
2.
Bidang
Kegiatan Prasarana
2.1. Pembaharuan Pagar Kantor Desa
a.
Tujuan :
·
Memperbaharui warna cat pagar Kantor Desa
agar tidak terlihat kusam dan berlumut
b.
Sasaran :
Pagar Kantor Desa
c.
Waktu Pelaksanaan : Kamis, 27 April 2017
d.
Lokasi :
Kantor Desa
2.2.
Tanda
Petunjuk Jalan
a.
Tujuan :
·
Sebagai pentunjuk jalan menuju Desa
Pallimae
·
Memberikan gambar menarik pada dinding
sekolah
b.
Sasaran :
Masyarakat
c.
Waktu Pelaksanaan :
·
Pembuatan :
Rabu, 26 April 2017
·
Pemasangan :
Jumat, 5 Mei 2017
d.
Lokasi :
Jalan Andi Laesu
3.
Bidang
Kegiatan Kesehatan dan Kebersihan
3.1.
Jumat
Bersih
a.
Tujuan :
·
Meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya
menjaga kebersihan lingkungan
·
Melakukan penyuluhan kebersihkan di
lingkungan kepada masyarakat sekitar
b.
Sasaran :
Masjid, Kantor Desa, Lingkungan Sekitar
c.
Waktu Pelaksanaan : Setiap hari Jumat
d.
Lokasi :
·
Kantor Desa
·
Masjid Surya Manyyili
·
Masjid Syuhada 45
·
Sekitar Posko 8 KKN UNM Desa Pallimae
3.2.
Senam
Sehat
a.
Tujuan :
·
Menjadikan tubuh agar tetap sehat dan
bugar
b.
Sasaran :
Masyarakat
c.
Waktu Pelaksanaan : Setiap hari Minggu
d.
Lokasi :
Balai Pertemuan Desa
4.
Bidang
Kegiatan Keagamaan
4.1. Peringatan Isra Mi’raj
a.
Tujuan :
·
Membantu pengurus masjid dalam
melaksanakan kegiatan
·
Bersosialisasi dan silaturahmi antar warga
·
Memberikan gambar menarik pada dinding
sekolah
b.
Sasaran :
Masyarakat
c.
Waktu Pelaksanaan : 31 Maret, 6 April dan 9 April 2017
d.
Lokasi :
· Masjid
Syuhada 45
· Masjid
Babussa’adah
·
Masjid Surya
4.2. Yasinan dan Dzikir Bersama
a.
Tujuan :
·
Meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah
SWT
·
Merupakan kegiatan rutin warga Desa
Pallimae
b.
Sasaran :
Masyarakat
c.
Waktu Pelaksanaan : Setiap malam Jumat
d.
Lokasi :
Masjid Surya Manyyili
4.3. Sosialisasi tentang Cara Berwudhu
a.
Tujuan :
·
Menyampaikan contoh berwudhu yang baik dan
benar
b.
Sasaran :
Masyarakat
c.
Waktu Pelaksanaan : Kamis, 27 April 2017
d.
Lokasi :
Sekolah SDN No. 290 Pallimae
REKAPITULASI PROGRAM KERJA
POSKO 8
DESA
PALLIMAE, KECAMATAN SABBANGPARU, KABUPATEN WAJO
No.
|
BIDANG KEGIATAN
|
PROGRAM KERJA
|
TUJUAN
|
SASARAN
|
PENANGGUNG JAWAB
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
1.
|
Pendidikan
|
a.
Mengajar di Sekolah
1)
PAUD
2)
SD
|
Pengembangan potensi diri dan wawasan serta kreatifitas
|
Siswa SD dan PAUD
|
1.
Ulfiah Mustaming
2.
Nurul Wafiyyah
|
Dikondisikan Setiap Senin-Sabtu selama masa KKN
|
b.
Bimbingan belajar untuk SD
|
Mengembangkan keterampilan khusus anak
|
Siswa SD
|
Amalia Ulfa Fadilani
|
Dikondisiskan setiap sore hari
|
||
c.
Sosialisasi tentang pentingnya
menabung
|
Membiasakan hidup hemat dan mengatur keuangan
|
Siswa SD
|
A. M. Arafandi
|
Minggu Kelima
|
||
d.
Mendekor PAUD/KB
1)
KB Pallimae 1
2)
KB Pallimae 2
|
Menambahkan ornamen yang bersifat edukatif
|
Sekolah PAUD
|
1.
Satriani
2.
Amalia Ulfa Fadilani
|
Minggu ketiga dan Minggu keenam
|
||
e.
Pembenahan Perpustakaan SDN No.
290 Pallimae
|
Mengklasifikasikan buku sesuai dengan aturan kamus DDW
|
Perpustakaan Sekolah
|
Rara Rezky Setiawati
|
Minggu pertama
|
||
f.
Pembenahan mading sekolah SDN
No. 290 Pallimae
|
Memberi wadah untuk mengembangkan kreatifitas dan aspirasi siswa
|
Sekolah SD
|
Nurul Wafiyyah
|
Minggu pertama
|
||
2.
|
Prasarana
|
a.
Pembaharuan pagar Kantor Desa
|
Memperbaharui cat pagar kantor desa
|
Kantor Desa
|
Achmad Faiz
|
Minggu ketiga
|
b.
Tanda Petunjuk Jalan
|
Sebagai informasi menuju ke kantor desa
|
Masyarakat
|
A. M. Arafandi
|
Minggu keenam
|
||
3.
|
Kesehatan dan Kebersihan
|
a.
Jum’at Bersih
|
Melakukan pembersihan di Desa Pallimae
|
Masjid, Kantor desa dan Lingkungan sekitar
|
Achmad Faiz
|
Setiap hari Jum’at
|
b.
Senam Sehat
|
Menjadikan tubuh agar tetap sehat dan bugar
|
Masyarakat
|
Ulfiah Mustaming
|
Setiap hari Minggu
|
||
4.
|
Kerohanian
|
a.
Berpartisipasi dalam Peringatan
Isra mi’raj
1)
Masjid Syuhada 45
2)
Masjid Babussa’adah
3)
Masjid Surya
|
Bersosialisasi dan silaturahmi antar warga
|
Masyarakat
|
1.
Rara Rezky Setiawati
2.
Devi Rusnawati
|
Minggu Pertama
|
b.
Mengikuti Dzikir Bersama Warga
Desa Pallimae
|
Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan
|
Masyarakat
|
Devi Rusnawati
|
Setiap Malam Jumat
|
||
c.
Sosialisasi tentang cara
berwudhu di SD
|
Menyampaikan cara berwudhu benar
|
Siswa SD
|
Satriani
|
Minggu kelima
|
KALENDER KERJA
POSKO 8
DESA PALLIMAE, KECAMATAN SABBANGPARU,
KABUPATEN WAJO
RABU, 29 Maret 2017
|
KAMIS, 30 Maret 2017
|
JUMAT, 31 Maret 2017
|
SABTU, 1 April 2017
|
MINGGU, 2 April 2017
|
||
Tiba di
lokasi KKN
|
Tahap
Observasi
|
· Tahap Observasi
· Peringatan Isra Mi’raj
|
Tahap
Observasi
|
Seminar
Program Kerja
|
||
SENIN, 3 April 2017
|
SELASA, 4 April 2017
|
RABU, 5 April 2017
|
KAMIS, 6 April 2017
|
JUMAT, 7 April 2017
|
SABTU, 8 April 2017
|
MINGGU, 9 April 2017
|
· Pembenahan Perpustakan
· Pembuatan Mading di SDN No. 290 Pallimae
|
· Pembenahan Perpustakan
· Pembuatan Mading di SDN No. 290 Pallimae
|
· Pembenahan Perpustakaan
· Pembuatan Mading di SDN No. 290 Pallimae
|
· Peringatan Isra Mi’raj
· Yasinan dan Dzikir bersama
|
Jumat Bersih di
Masjid Surya
|
Mengajar di
SDN No. 290 Pallimae
|
Peringatan
Isra Mi’raj
|
SENIN, 10 April 2017
|
SELASA, 11 April 2017
|
RABU, 12 April 2017
|
KAMIS, 13 April 2017
|
JUMAT, 14 April 2017
|
SABTU, 15 April 2017
|
MINGGU, 16 April 2017
|
· Mengajar di SD dan KB
· Bimbingan Belajar Siswa
|
· Mengajar di SD dan PAUD
· Bimbingan Belajar Siswa
|
· Mengajar di SD dan PAUD
· Bimbingan Belajar Siswa
|
· Mengajar di SDN No. 290 Pallimae
· Pembenahan media PAUD KB Pallimae
|
Jumat Bersih
di Kantor Desa Pallimae
|
· Persiapan Tempat Seminar Program Kerja Kecamatan
· Bimbingan Belajar Siswa
|
Seminar
Program Kerja Kecamatan
|
SENIN, 17 April 2017
|
SELASA, 18 April 2017
|
RABU, 19 April 2017
|
KAMIS, 20 April 2017
|
JUMAT, 21 April 2017
|
SABTU, 22 April 2017
|
MINGGU, 23 April 2017
|
· Mengajar di PAUD KB Pallimae 1
· Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 1
|
· Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 1
|
· Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 1
|
· Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 1
· Yasinan dan Dzikir Bersama
|
· Jumat Bersih di Masjid Syuhada 45
|
Libur/Istirahat
|
Senam Sehat
|
SENIN, 24 April 2017
|
SELASA, 25 April 2017
|
RABU, 26 April 2017
|
KAMIS, 27 April 2017
|
JUMAT, 28 April 2017
|
SABTU, 29 April 2017
|
MINGGU, 30 April 2017
|
Pengecatan
pagar Kantor Desa
|
Pengecatan
pagar Kantor Desa
|
Pembuatan
tanda jalan petunjuk jalan
|
· Sosialisasi tentang pentingnya Menabung
· Sosialisasi cara berwudhu
|
· Jumat Bersih di sekitar Posko
· Pengecatan pagar Kantor Desa
|
Libur/Istirahat
|
Bimbingan
Belajar siswa SD
|
SENIN, 1 Mei 2017
|
SELASA, 2 Mei 2017
|
RABU, 3 Mei 2017
|
KAMIS, 4 Mei 2017
|
JUMAT, 5 Mei 2017
|
SABTU, 6 Mei 2017
|
MINGGU, 7 Mei 2017
|
Pembuatan
Media Pembelajaran PAUD KB Pallimae 2
|
Pengecatan
mural dinding PAUD KB Pallimae 2
|
Pengecatan
mural dinding PAUD KB Pallimae 2
|
· Pelaksanaan Proker Kecamatan Lomba Senam
· Yasinan dan Dzikir Bersama
|
· Jumat Bersih di sekitar Posko
· Pemasangan Tanda Petunjuk Jalan
|
Pengecatan
mural dinding PAUD KB Pallimae 2
|
Pengecatan
permainan perosotan dan ayunan PAUD Pallimae 2
|
SENIN, 8 Mei 2017
|
SELASA, 9 Mei 2017
|
RABU, 10 Mei 2017
|
KAMIS, 11 Mei 2017
|
JUMAT, 12 Mei 2017
|
SABTU, 13 Mei 2017
|
MINGGU, 14 Mei 2017
|
Pemasangan
Media Pembelajaran PAUD KB Pallimae 2
|
Pemasangan
Media Pembelajaran PAUD KB Pallimae 2
|
Pelaksanaan
Proker Kecamatan Donor Darah
|
Yasinan dan
Dzikir Bersama
|
Jumat bersih
di Sekitar Posko
|
Program
Tambahan jika ada
|
Program
Tambahan jika ada
|
SENIN, 15 Mei 2017
|
SELASA, 16 Mei 2017
|
RABU, 17 Mei 2017
|
KAMIS, 18 Mei 2017
|
|||
Program
Tambahan jika ada
|
Ramah Tamah /
Perpisahan di Balai Desa
|
Bersih-bersih
Posko dan packing barang persiapan Penarikan
|
Penarikan
kembali ke Kampus UNM
|
BAB V
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
A.
Pelaksanaan
Program KKN
1. Bidang Kegiatan Pendidikan
1.1.
Mengajar
di SD dan PAUD
a.
Tingkat Keberhasilan : 85%
b.
Faktor Pendukung :
·
Guru dan Murid sangat antusias terhadap
kehadiran kami
c.
Faktor Penghambat :
·
Jalanan yang rusak sehingga akses ke
lokasi jadi terhambat
·
Kurangnya transportasi umum ke lokasi
·
Terhalangnya kegiatan karena hujan pada
pagi hari
Program kegiatan mengajar untuk SD
dilaksanakan di SDN No. 290 Pallimae pada minggu ke dua hingga minggu ke tiga
dengan lima kali pertemuan. Adapun jumlah murid rata-rata pada setiap pertemuan
adalah 10 siswa tiap kelas. Mata pelajaran yang biasa dibawakan sesuai dengan
permintaan dari guru sekolah seperti Bahasa Inggris, Seni Budaya, dan Bahasa
Indonesia.
Program kegiatan mengajar berikutnya
adalah mengajar di PAUD tepatnya di PAUD Pallimae 1 yang dilakukan pada minggu
ke tiga dan empat dengan empat kali pertemuan. Kami mengajar di dua kelas pada
PAUD tersebut yaitu di Kelompok A dan Kelompok B. Jumlah murid di Kelompok A
sebanyak 10 anak sedangkan jumlah murid di Kelompok B sebanyak 15 anak.
1.2.
Bimbingan
Belajar Untuk Siswa
a.
Tingkat Keberhasilan : 80%
b.
Faktor Pendukung :
·
Guru dan orang tua murid sangat mendukung
kegiatan ini
·
Antusiasme siswa pada proses bimbingan
c.
Faktor Penghambat :
·
Proses bimbingan belajar di luar jam
sekolah, sehingga sulit menentukan waktu yang tepat agar tidak bertabrakan
dengan program lainnya.
·
Adanya isu tentang bahaya penculikan anak
sehingga orang tua menjadi khawatir apabila anak keluar rumah. Terlebih jarak
antara posko yang menjadi tempat pelaksanaan bimbingan dengan rumah siswa
terbilang jauh hanya dapat dijangkau menggunakan kendaraan.
Bimbingan belajar yang diberikan kepada
siswa berupa keterampilan memainkan alat musik seperti gitar dan Pianika serta
keterampilan melipat kertas. Adapun bimbingan lainnya adalah penguasaan kosa
kata Bahasa Inggris dan perkalian. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada minggu
ke tiga dan minggu ke lima dengan lima kali pertemuan. Pertemuan yang awalnya
dilaksanakan di posko kemudian dipindahkan ke kawasan sekolah dikarenakan
adanya isu penculikan anak sehingga untuk lebih amannya proses bimbingan
belajar dilaksanakan disekitaran sekolah.
1.3.
Pembenahan
Perpustakaan SDN No. 290 Pallimae
a.
Tingkat Keberhasilan : 95%
b.
Faktor Pendukung :
·
Alat dan bahannya telah disediakan oleh
pihak sekolah
·
Akomodasi berupa konsumsi saat pengerjaan
oleh guru
·
Partisipasi siswa untuk bekerja sama
dengan mahasiswa KKN sangat baik begitupun dengan pihak guru dan kepala sekolah
c.
Faktor Penghambat :
·
Kondisi buku-buku yang tidak tersusun
dengan rapi membuat peserta kami harus bekerja ekstra dan semaksimal mungkin.
·
Waktu untuk merampungkan pembenahan sangat
sedikit mengingat waktu pemeriksaan dan penilaian sekolah dalam rangka lomba
sekolah sehat sudah dekat.
Pembenahan
perpustakaan sekolah dilakukan pada minggu ke pertama KKN yang membutuhkan
waktu selama tiga hari untuk merampungkan semua pekerjaan di perpustakaan.
1.4. Pembenahan Mading Sekolah SDN No. 290
Pallimae
a.
Tingkat Keberhasilan : 90%
b.
Faktor Pendukung :
·
Alat dan bahannya telah disediakan oleh
pihak sekolah
·
Akomodasi berupa konsumsi saat pengerjaan
·
Partisipasi siswa untuk bekerja sama
dengan mahasiswa KKN sangat baik begitupun dengan pihak guru dan kepala sekolah
c.
Faktor Penghambat :
·
Yang menjadi penghambat adalah bukan pada
proses pembuatannya, melainkan pemasangannya yang sempat membuat bingung karena
susahnya mencari tempat yang strategis untuk mading tersebut.
Hasil yang diperoleh dalam pembenahan
mading yang dilakukan ini membuat anak-anak berantusias ingin menampilkan hasil
karyanya untuk di tampilkan di mading. Selain itu kami telah memfasilitasi
anak-anak untuk belajar dan menampilkan hasil belajarnya.
1.5.
Sosialisasi
tentang pentingnya Menabung
a.
Tingkat Keberhasilan : 95%
b.
Faktor Pendukung :
·
Partisipasi siswa yang sangat antusias
·
Kebanyakan siswa sudah mempunyai celengan
c.
Faktor Penghambat :
·
Tidak adanya proyektor sehingga presentasi
kurang menarik.
Kegiatan
ini dilaksanakan pada minggu ke lima tepatnya di hari kamis yang bertempat di
SDN No. 290 Pallimae. Adapun yang menjadi pesertanya yaitu menggabungkan
seluruh siswa yang ada di sekolah dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Kegiatan
ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman sejak dini tentang pentingnya
menabung. Seluruh siswa sangat semangat mengikutinya apalagi dalam sosialisasi
ini kami tidak hanya memberikan materi melainkan kami memberikan sebuah games sehingga para siswa tidak bosan.
1.6.
Mendekor
PAUD KB Pallimae 1
a.
Tingkat Keberhasilan : 95%
b.
Faktor Pendukung :
·
Alat dan bahannya sebagian besar
disediakan oleh pihak sekolah
c.
Faktor Penghambat :
·
Akses ke lokasi tidak terlalu mendukung,
terlebih jika setelah turun hujan.
Kegiatan
mendekor di PAUD KB Pallimae 1 dilakukan pada minggu ke tiga dan empat yang
berlangsung selama lima hari. Kami membuat gantungan dan tempelan hiasan kelas
yang dapat memberikan kesan indah dalam kelas. Kemudian kami membuat mural di
bagian depan dan samping kiri sekolah yang kemudian diwarnai menggunakan cat.
1.7.
Mendekor
PAUD KB Pallimae 2
a.
Tingkat Keberhasilan : 90%
b.
Faktor Pendukung :
·
Alat dan bahannya sebagian besar
disediakan oleh pihak sekolah
c.
Faktor Penghambat :
·
Kurangnya cat sehingga hasil dari dari
pengecatan di dinding bagian dalam tidak maksimal.
Kegiatan mendekor di PAUD KB Pallimae 2
dilakukan pada minggu ke enam hingga minggu ke tujuh yang berlangsung selama
tujuh hari kerja. Hal pertama yang dilakukan adalah membersihkan bagian dalam
PAUD. Kemudian membuat mural di bagian depan sekolah dan pengecatan di bagian
dalam kelas. Setelah itu memberikan media yang berupa media tempel dan gantung
yang mendukung proses pembelajaran dan memperindah tampilan dalam dan luar
kelas. Kami membuat gantungan dan tempelan hiasan kelas yang dapat memberikan
kesan indah dalam kelas. Kegiatan selanjut dari dekor PAUD ini adalah
pengacatan permainan yang ada di halaman sekolah dan pengecatan alat permainan
edukatif untuk kebutuhan bermain peran. Kegiatan terakhir yaitu merapikan dan
mengelompokkan alat permainan berdasarkan fungsinya
2.
Bidang Kegiatan Prasarana
2.1. Pengecatan Pagar Kantor Desa
a.
Tingkat Keberhasilan : 100%
b.
Faktor Pendukung :
·
Alat dan bahannya telah disediakan oleh
perangkat desa
c.
Faktor Penghambat :
·
Kondisi cat pagar sudah sangat kusam
sehingga waktu yang digunakan untuk membersihkan lumut agak lama.
Pengecatan
di pagar kantor desa dilakukan pada minggu ke lima selama tiga hari kerja. Hal
yang pertama yang dilakukan adalah membersihkan lumut dan cat lama dan pagar.
Warna cat yang digunakan adalah warna dasar putih kemudia orange.
2.2.
Tanda
Petunjuk Jalan
a.
Tingkat Keberhasilan : 100%
b.
Faktor Pendukung :
·
Alat dan bahannya tidak terlalu susah
didapatkan karena diperoleh dari kayu yang tidak terpakai oleh masyarakat.
c.
Faktor Penghambat :
·
Kesibukan pada proker lain membuat
pemasangan tanda petunjuk jalan sering tertunda.
Tanda
petunjuk jalan yang dimaksud adalah petunjuk keberadaan kantor desa. Pemberian
tanda ini agar memudahkan pengunjung yang datang untuk menemukan kantor desa
karena selama ini belum ada tanda petunjuk untuk keberadaan kantor desa.
3.
Bidang
Kegiatan Kesehatan dan Kebersihan
3.1.
Jumat
Bersih
a.
Tingkat Keberhasilan : 85%
b.
Faktor Pendukung :
·
Kerjasama yang baik antara pengurus
masjid, pemerintah setempat dan mahasiswa KKN.
c.
Faktor Penghambat :
·
Partisipasi warga yang kurang sebab
kebanyakan aktifitas warga sibuk pada pagi hari seperti bertani di sawah/kebun.
Kegiatan jumat bersih dilakukan setiap
hari jumat selama kegiatan KKN berlangsung. Adapun sasaran dari jumat bersih
ini adalah di Masjid, kantor desa dan balai desa, serta pekarangan posko. Jumat
bersih di Masjid dilaksanakan di Masjid Surya Pallimae dan Masjid Syuhada
Pallimae. Adapun bentuk dari jumat bersih di kantor desa dan balai desa yaitu
mencabut rumput di pekarangan kantor desa dan membersihkan debu di bagian dalam
kantor desa serta balai desa.
3.2.
Senam
Sehat
a.
Tingkat Keberhasilan : 70%
b.
Faktor Pendukung :
·
Dukungan dari perangkat desa khususnya
kepala desa dan sekretaris desa sangat baik.
·
Tersedianya balai pertemuan desa sebagai
tempat untuk senam.
c.
Faktor Penghambat :
·
Kesibukan dari warga khususnya ibu-ibu
membuat program ini tidak mencapai target
Kegiatan senam sehat dilakukan pada minggu
ke empat. Berhubung karena adanya program
Lomba senam se-kecamatan Sabbangparu yang dilakukan oleh mahasiswa KKN
Sabbangparu maka latihan senam dilakukan setiap hari menjelang hari lomba.
Peserta lomba senam sehat maumere dari pallimae yang merupakan binaan dari
peserta KKN mendapatkan juara II kategori kostum terbaik dimana bahan dari kostum
adalah bahan yang didaur ulang.
4.
Bidang
Kegiatan Keagamaan
4.1. Partisipasi pada Peringatan Isra
Mi’raj
a.
Tingkat Keberhasilan : 100%
b.
Faktor Pendukung :
·
Dukungan dari warga dengan partisipasi
mahasiswa KKN dalam pelaksanaan acara sangat baik.
c.
Faktor Penghambat :
·
Kondisi jalan ke salah satu masjid tidak
terlalu bagus menjadikan perjalanan terhambat.
·
Kendaraan umum yang sedikit membuat
satu-satunya teman yang memilik kendaraan harus membuatnya mengantar teman satu
persatu ke lokasi
Partisipasi
mahasiswa pada kegiatan Isra Mi’raj di Desa Pallimae dilakukan di 3 mesjid
yaitu yang pertama di Masjid Syuhada 45 berlokasi di dusun Mannyili Alau
kemudian di Masjid Babussa’ada yang berlokasi di dusun Salotenga dan yang
terakhir di Masjid Surya Pallimae yang berlokasi di Dusun Mannyili. Adapun
partisipasi tambahan yaitu di masjid persantren di desa talotentreng.
4.2. Partisipasi Yasinan dan Dzikir Bersama
a.
Tingkat Keberhasilan : 100%
b.
Faktor Pendukung :
·
Antusiasme dari warga dengan partisipasi
mahasiswa KKN dalam pelaksanaan acara sangat baik.
·
Merupakan kegiatan rutin warga saat malam
jumat
c.
Faktor Penghambat :
·
Kegiatan dzikir mingguan tidak terlalu
diminati warga dikarenakan kesibukan dari warga setiap pagi hingga sore membuat
sedikit yang datang pada dzikir yang dilakukan pada waktu ba’da magrib hingga
menjelang shalat isha.
Ada
dua jenis kegiatan dzikir bersama di Desa Pallimae ini yaitu Yasinan dan Dzikir
mingguan yang dilakukan setiap malam jumat di setiap desa pallimae dan Dzikir
bulanan yang dilakukan secara bergiliran di Masjid Desa Pallimae setiap
bulannya yang dihadiri oleh warga dan majelis dzikir dari berbagai masjid baik
dari desa sendiri maupun di luar desa Pallimae.
4.3. Sosialisasi tentang Cara Berwudhu
a.
Tingkat Keberhasilan : 90%
b.
Faktor Pendukung :
·
Partisipasi siswa yang sangat antusias.
c.
Faktor Penghambat :
· Tidak
adanya proyektor sehingga presentasi kurang menarik.
Kegiatan
ini dilaksanakan pada minggu ke lima tepatnya di hari kamis yang bertempat di
SDN No. 290 Pallimae. Adapun yang menjadi pesertanya yaitu menggabungkan
seluruh siswa yang ada di sekolah dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Kegiatan
ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman sejak dini tentang cara berwudhu
yang baik dan benar. Seluruh siswa sangat semangat mengikutinya apalagi dalam
sosialisasi ini kami tidak hanya memberikan materi melainkan kami memberikan
sebuah games sehingga para siswa tidak
bosan.
B.
Kendala
Pelaksanaan Program Kerja
Adapun
kendala-kendala yang umum kami hadapi selama pelaksanaan program kerja kami
adalah:
1.
Kurangnya warga yang terlibat dalam
pelaksanaan program kerja, karena sebagian besar warga beraktifitas di
sawah/kebun dari pagi sampai sore.
2.
95% akses jalan di Desa Pallimae rusak sehingga saat hujan
turun jalanan menjadi becek dan licin
3.
Kurangnya transporasi umum yang keluar
masuk di desa Pallimae.
BAB VI
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dari
seluruh rangkaian kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Pallimae, Kecamatan
Sabbangparu, Kabupaten Wajo yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan yaitu
pada tanggal 29 Maret – 18 Mei 2017 menghasilkan kesimpulan sebagai berikut :
1. Program
kerja berlangsung sesuai yang direncanakan.
2. Kegiatan
yang dilakukan mendapat respon yang positif dari Pemerintah Desa Pallimae dan
masyarakat setempat yang ditunjukkan dengan partisipasi dan kontribusi dalam
setiap pelaksanaan program kerja.
3. Dalam
pelaksanaannya meski terdapat hambatan namun dapat diatasi.
Pelaksanaan
Kegiatan Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada
masyarakat yang dilakukan mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan
kemitraan sebagai salah satu wujud tridharma perguruan tinggi.
Kuliah
Kerja Nyata merupakan wadah aktualisasi diri bagi mahasiswa untuk terjun
langsung dilapangan dan berhadapan langsung dengan masyarakat sebagai kalangan
akademisi dan sebagai bagian dari masyarakat. Kuliah Kerja Nyata adalah
kegiatan dimana para mahasiswa berbaur dengan masyarakat, berkomunikasi. Dan
sebagai pelopor untuk merencanakan apa-apa yang dibutuhkan masyarakat.
Sangat
dirasakan manfaat dalam pelaksanaan kegiatan ini peserta KKN berinteraksi
dengan masyarakat untuk menjalin relasi, silaturahmi, dan berbagaipengalaman,
informasi serta ilmu pengetahuan.
Dari kegiatan ini kami mahasiswa KKN UNM belajar tentang kehidupan
masyarakat Desa Pallimae dalam menjalankan aktifitasnya. Hal ini merupakan pengetahuan
tentang kehidupan sehingga menjadi bekal bagi kami peserta KKN lainnya dalam menjalankan
kegiatannya ditengah masyarakat hari ini dan dimasa yang akan datang.
B. Saran-saran
1.
Pemerintahan Desa Pallimae seharusnya bisa lebih memperhatikan keadaan desanya agar
apa yang menjadi kekurangan dalam hal ini kondisi jalanan untuk dapat menanggulangi hal tersebut.
2.
Mengenai peluang pekerjaan, agar masyarakat Desa Pallimae
tidak terjadi perpindahan penduduk ke kota agar di desa bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang
memadai sesuai dengan keahlian masyarakat desa tersebut
3.
Koordinasi dengan pihak pemerintah Kabupaten
Wajo yang menjadi lokasi sasaran KKN, sehingga tidak terjadi pemunduran jadwal
pemberangkatan.
4.
Memperjelas program PPM dan memaksimalkan
proses pembekalan terhadap mahasiswa sebelum tiba waktu pemberangkatan KKN.
5.
Memperbaiki koordinasi antara Pemerintah Kecamatan
maupun Desa dan pembimbing KKN demi optimalisasi fungsi pengabdian kepada
masyarakat. Serta memperbaiki fungsi pengarahan dan pengawasan oleh pembimbing
KKN kepada mahasiswa.
DAFTAR
PUSTAKA
Profil
Desa/Kelurahan: Daftar isian data dasar profil Desa/Kelurahan Pallimae.
Penyusun Direktorat Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa. Diterbitkan untuk
Departemen Dalam Negeri Direktorat Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa Oleh PT
Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.
Mulyadi, Ismail, dkk.
2016. Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja
Nyata Universitas Negeri. Makassar : Universitas Negeri Makassar
LAMPIRAN - LAMPIRAN
1.
Peta Desa
2.
Struktur Organisasi
3.
Dokumentasi Kegiatan
·
Mengajar di SD dan PAUD
·
Bimbingan belajar
·
Sosialisasi tentang pentingnya menabung
Sosialisasi tentang pentingnya menabung
·
Mendekor PAUD KB Pallimae 1
·
Mendekor PAUD KB Pallimae 2
Mendekor PAUD KB Pallimae 2
·
Pembenahan Perpustakaan SDN No. 290 Pallimaestakaan SDN No. 290 Pallimae
·
Pembuatan Mading Sekolah
·
Pembenahan Kantor
Desa
·
Tanda Petunjuk
Jalan
·
Jumat Bersih
·
Senam Sehat
·
Sosialisasi tentang Cara Berwudhu
Sosialisasi tentang Cara Berwudhu
·
Peringatan Isra Mi’raj
·
Yasinan dan Dzikir Bersama
No comments:
Post a Comment