Powered By Blogger

Wednesday, July 8, 2020

Laporan Kelompok Kegiatan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Makassar Angkatan XXXVI TAHUN 2017



LAPORAN KELOMPOK KEGIATAN
MAHASISWA KULIAH KERJA NYATA (KKN)
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
ANGKATAN XXXVI TAHUN 2017




OLEH :

1. ACHMAD FAIZ (EKONOMI PEMBANGUNAN)
2. A.M. ARAFANDI (EKONOMI PEMBANGUNAN)
3. AMALIA ULFA (PG-PAUD)
4. NURULWAFIYYAH (PG-PAUD)
5. SATRIANI (PG-PAUD)
6. ULFIAH MUSTAMING (PGSD)
7. RARA REZKY SETIAWATI (SASTRA INDONESIA)
8. DEVI RUSNAWATI (SASTRA INDONESIA)





PUSAT KULIAH KERJA NYATA
LEMBAGA PENGABDIAN PADA MASYARAKAT
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
2017
HALAMAN PENGESAHAN
Laporan ini merupakan hasil kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) XXXVI Universitas Negeri Makassar Tahun 2017, yang dilaksanakan dari 29 Maret sampai 18 Mei di Desa Pallimae, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo.
Laporan ini dinyatakan diterima setelah memenuhi ketentuan dan pernyataan yang berlaku.

Pallimae,         Mei 2017
Mahasiswa KKN XXXVI UNM
Desa Pallimae, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo

Kordinator Kecamatan                                                         Kordinator Desa


Ibrahim                                                                                       Achmad Faiz
1365141010                                                                                1396142012


Mengetahui,

Kepala Desa Pallimae                                          Dosen Pembimbing
                                                                               KKN XXXVI UNM



Masse, S.IP                                        Dr. Andi Agussalim AJ, S.Pd., M.Hum
                                                            NIP. 19710817 200003 1 002






KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena dengan Rahmat dan hidayah-Nya kami dapat menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017 di Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.
      Laporan akhir ini kami susun sebagai bentuk pertanggung jawaban kegiatan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017 yang kami laksanakan mulai tanggal 29 Maret – 18 Mei 2017.
      Banyak pihak yang telah membantu kami dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017 di Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo. Sehingga kami mengucapkan banyak terimah kasih kepada pihak tersebut dibawah ini.
1.       Rektor Universitas Negeri Makassar selaku penanggung jawab Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017.
2.       Ketua LPPM Universitas Negeri Makassar atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk mengikuti kegiatan KKN angkatan XXXVI tahun 2017.
3.       Bapak Dr. Andi Agussalim AJ, S.Pd., M.Hum. selaku dosen pembimbing lapangan Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo.
4.       Bapak Camat Sabbangparu  Tusman, S.SOS., M.SI beserta staf yang telah memberikan pengarahan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017.
5.       Bapak Kepala Desa Pallimae Masse, S.IP sekaligus staf atas bantuan, pengarahan, bimbingan dan fasilitas yang telah diberikan kepada kami selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017.
6.       Bapak Syarifuddin dan Ibu Hj. Megawati. Yang telah memberikan kesempatan kepada kami untuk menetap dirumah kediaman beliau selama pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017.
7.       Seluruh masyarakat di Desa Pallimae atas semua dukungan dan partisipasinya dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017.
8.       Kepada semua pihak terkait yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Kami sampaikan terimah kasih sebesar-besarnya atas bantuan, dukungan serta do’a yang telah diberikan kepada kami.
      Demikian laporan ini kami susun dengan sebaik-baiknya. Kami menerima segala kritikan dan saran atas pelaksanaan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017 karena dalam penyusunan laporan akhir ini kami sadar masih banyak kekurangan. Kami juga memohon maaf sebesar-besarnya apabila kami telah melakukan kesalahan dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017 dan penyusunan laporan ini. Akhirnya semoga laporan ini berguna bagi segenap pihak dan khususnya bagi pelaksana Kuliah Kerja Nyata Angkatan XXXVI  Universitas Negeri Makassar tahun 2017 yang akan datang.

                                                                             









DAFTAR ISI

HALAMAN PENGESAHAN ................................................................... i
KATA PENGANTAR .............................................................................. ii
DAFTAR ISI ............................................................................................ iv

BAB I PENDAHULUAN
A.    Gambaran Umum Lokasi KKN ............................................................ 1
B.     Maksud dan Tujuan Laporan KULIAH KERJA NYATA (KKN) ....... 2
C.     Program Pembangunan Desa Yang Telah Ada..................................... 3
BAB II ANALISIS SITUASI DESA
A.    Potensi Desa.......................................................................................... 4
B.     Keadaan Perekonomian Desa Pallimae ................................................ 5
C.     Keadaan Pendidikan Desa Pallimae ..................................................... 6
D.    Keadaan Sosial dan Pemerintahan Daerah Lokasi................................ 6
E.     Prasarana dan Sarana............................................................................. 6
BAB III PERMASALAHAN KEBUTUHAN
A.    Observasi Lapangan ............................................................................. 8
B.     Permasalahan Yang Mungkin Muncul ................................................. 8
BAB IV PERUMUSAN PROGRAM KERJA
A.    Program Kerja..................................................................................... 11
-          Lampiran Rekapitulasi Program Kerja.......................................... 16
-          Lampiran Rekapitulasi Kalender Kerja......................................... 18
BAB V HASIL PELAKSANAAN PROGRAM
A.    Pelaksanaan Program KKN ................................................................ 20
B.     Kendala Pelaksanaan Program Kerja ................................................. 27
BAB VI PENUTUP
A.    Kesimpula ........................................................................................... 28
B.     Saran-saran ......................................................................................... 29
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN






BAB l
PENDAHULUAN

A.    Gambaran Umum Lokasi KKN
1.      Kondisi Geografis Desa
Desa Pallimae merupakan salah satu dari 15 kelurahan/desa yang ada di Kecamatan Sabbangparu dengan luas wilayah 1238 Ha yang semuanya terdiri dari dataran rendah sebab. Desa Pallimae juga merupakan daerah pesisir Danau Tempe yaitu salahsatu danau terbesar di Sulawesi Selatan yang diapit oleh tiga Kabupaten, yaitu Kab. Wajo, Kab. Soppeng dan Kab. Sidrap. Desa Pallimae terdiri dari 2 Dusun, yaitu Manyyili dan Salotenga yang dulunya merupakan pemekaran dari Desa Ugi. Adapun batas wilayah sebagai berikut:
a.       Sebelah Utara berbatasan dengan Desa Ugi dan Danau Tempe
b.      Sebelah Timur berbatasan dengan Desa Mallusesalo
c.       Sebelah Selatan berbatasan dengan Desa Salotengnga
d.      Sebelah Barat berbatasan dengan Desa Worongnge
Dilihat dari tipografi, Desa Pallimae secara umum berada  pada ketinggian 10 M s/d 150 M diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata berkisar antara 24o s/d 32o Celcius.

2.      Orbitasi dan Waktu Tempuh
Tabel 1.1 Orbitasi dan Waktu Tempuh
No.
Orbitasi dan Jarak Tempuh
Keterangan
1
Jarak ke Ibukota Kecamatan
5 km
2
Jarak ke Ibukota Kabupaten
18 km
3
Jarak ke Ibukota Propinsi
185 km
4
Waktu Tempuh ke Ibukota Kecamatan
30 menit
5
Waktu Tempuh ke Ibukota Kabupaten
1 jam
6
Waktu Tempuh ke Pusat Fasilitas Terdekat (Ekonomi, Kesehatan, Pemerintahan)
30 menit
Sumber: Data Profil Desa Pallimae
3.      Kondisi Demografis Desa
Tabel 1.2 Jumlah Penduduk Desa Pallimae
No.
Keterangan
Jumlah
1
Jumlah Laki-laki
893 Jiwa
2
Jumlah Perempuan
1981 Jiwa
3
Total
2874 Jiwa
4
Jumlah Kepala Keluarga
725 KK
5
Kepadatan Penduduk
221 jiwa per km2
Sumber: Data Profil Desa Pallimae

No.
Sarana pendidikan
Jumlah
1
PAUD
2 buah
2
Sekolah Dasar (SD)
2 buah
4.   Sarana Pendidikan
Tabel 1.3 Sarana Pendidikan
      Sumber: Data Profil Desa Pallimae

B.     Maksud dan Tujuan Laporan
Kuliah Kelja Nyata (KKN) yang dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan tidak lain adalah sebagai wujud pengabdian diri mahasiswa kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan proses pcngaplikasian ilmu yang telah diperoleh mahasiswa, baik berupa ilmu dalam kegiatan akademik maupun ilmu yang berupa pengalaman berorganisasi. Mahasiswa KKN merupakan motivator, inovator dan fasilitator dalam mempercepat kemajuan desa, dalam hal ini desa yang tertinggal. Dengan berbekal ilmu dari perguruan tinggi serta teknik manajemen yang baik, mahasiswa dapat mendorong dan menggerakkan anggota masyarakat untuk bersama-sama memajukan desa mereka.
Selain itu, yang tidak kalah penting adalah bahwa KKN juga merupakan wujud kerjasama antara perguruan tinggi dengan pemerintah daerah setempat. Keberhasilan KKN ini mencerminkan kesuksesan dari kerjasama antara pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Keberhasilan KKN UNM Angkatan XXXVI Tahun 2017 tidak lepas dari kerjasama antara empat elemen, yaitu mahasiswa, perguruan tinggi (UNM), pemerintah dacrah setempat, dan masyarakat Kabupaten Wajo pada umumnya, terkhusus masyarakat Desa Pallimae.
Adapun tujuan pelaksanaan kegiatan KKN diuraikan sebagai berikut:
1.      Mampu menciptakan saljana yang profesional yang siap pakai di bidangnya, baik bidang pendidikan maupun bidang non-pendidikan, schingga dapat menjadi solusi ilmiah terhadap segenap permasalahan yang tetjadi dalam kehidupan bermasyarakat.
2.      Sebagai pendekatan perguruan tinggi terhadap masyarakat, sehingga mampu menyelesaikan dinamika perkembangan masyarakat dalam konsep-konsep pendidikan.
3.      Sebagai perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, dalam hal ini membantu pemerintah dalam mempercepat pembangunan di segala bidang.
4.      Dapat terlibat langsung dengan masyarakat yang pada gilirannya akan memperoleh pengalaman berharga yang tidak didapatkan di dunia kampus.
5.      Dengan adanya penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, maka dapat ditransfer kepada masyarakat dalam bentuk berbagai program.
6.      Menjalin hubungan baik antara mahasiswa KKN dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda sehingga bersama-sama mampu berflkir dan bekcxja secara lintas bidang serta lintas bidang kehidupan berdasarkan prinsip-prinsip ilmiah.

C.    Program Pembangunan Desa Yang Telah Ada
Adapun program pembangunan desa yang telah ada yaitu:
1.      Pembuatan Saluran Irigasi
2.      Pembangunan Jalan Tani
3.      Pembuatan Sumur dan Sanitasi


























BAB ll
ANALISIS SITUASI DESA

A. Potensi Desa
      Potensi yang ada di Desa Pallimae pada dasarnya sangat banyak, namun yang paling menonjol dan berpotensi adalah dari segi Pertanian dan Perkebunan. Karena Desa Pallimae memiliki luas lahan persawahan 165 Ha dan luas lahan perkebunannya 153 Ha, dengan luas lahan persawahan dan perkebunannya yang sangatlah luas sangat berpotensi untuk kegiatan pertanian dan perkebunan. Kesuburan tanah dengan tingkat subur hingga sedang ini sangat menguntungkan bagi para penduduk yang pada memang umumnya bekerja sebagai petani sehingga dapat memanfaatkan lahan pertanian maupun perkebunannya maka akan sangat berpotensi dalam kegiatan peningkatan perekonomian masyarakat Desa Pallimae, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo.
      Kegiatan pemanfaatan lahan pertanian dan perkebunan yang biasa di lakukan untuk peningkatan ekonomi masyarakat desa diantaranya:
1.      Penanaman Padi
2.      Penanaman Palawija
3.      Penanaman Sayuran
4.      Penanaman Pisang
Dengan lahan pertanian yang luas dan curah hujan yang mencapai 150-300 mm dan jumlah bulan hujan selama enam bulan serta adanya sistem irigasi air yang baik yang mendukung kegiatan pertanian di Desa Pallimae, maka jika Masyarakat serta Kelompok Tani bekerja sama dengan baik dalam rangka peningkatan pertanian maka lahan pertanian akan produktif selanjutnya sumber ekonomi masyarakatpun akan meningkat dan tidak akan ada lahan yang tidak berguna dan hanya menjadi lahan kosong semata.
Agar pemanfaatan lahan pertanian maksimal diperlukan dukungan berbagai bidang dan partisipasi tiap kalangan masyarakat. Yang harus ada diantaranya alat-alat penunjang pada saat pelaksanaan penanaman padi atau palawija serta sayuran, serta pengadaan alat dan bahan saat perawatan tanaman hingga masa panen tiba, selain itu perlu ada penyuluhan tentang pertanian untuk membekali pengetahuan masyarakat tentang pertanian.
Dari Segi lokasi, Desa Pallimae fasilitas umum yang ada diantaranya terdapat Kantor Desa, Balai Pertemuan Desa, Lapangan Bola, Masjid Syuhada 45, Masjid Surya, Masjid Babussa’adah.
Dari segi pendidikan, Pendidikan bagi Desa Pallimae bukan merupakan sesuatu yang asing dan dianggap juga sebagai suatu kewajiban yang harus dijalankan oleh anak-anak pada usia sekolah. Sarana pendidikan yang tersedia di Desa Pallimae cukup memadai dengan PAUD 2 buah, SD 2 buah. Dalam hal partisipasi untuk bersekolah, para siswa di SD sangat partisipatif, mereka tidak pernah bolos sekolah dan absen hanya jika mereka sakit. Tingkat partisipasi sekolah para siswa yang tergolong aktif tersebut didukung pula dengan peran orangtua yang mau turut serta dalam pembangunan sekolah maupun dalam hal mengantarkan anak-anak mereka ke sekolah yang berjarak jauh dari tempat tinggal mereka. Guru-guru di sekolah juga mendukung siswa-siswa untuk tetap aktif ke sekolah dan juga mendukung siswa-siswa untuk terlibat kegiatan di luar sekolah. Teman-teman di lingkungan pertemanan juga membuat siswa-siswa tetap bersemangat untuk menjalani aktivitas mereka sebagai siswa.
Dari segi infrastruktur, kondisi infrastruktur Desa Pallimae sangat memprihatinkan meskipun dapat diakses baik oleh kendaraan roda empat maupun roda dua. Karena kondisi jalanan yang bersaspal hanya sepanjang 1 km selebihnya jalan batu bertanah sehingga saat hujan turun jalanan menjadi becek dan licin.

B.     Keadaan Perekonomian Desa Pallimae
Sebagian besar penduduk di Desa Pallimae yaitu 30,6% bermata pencaharian sebagai petani, buruh tani 18,79%, perkebunan 20,7%, peternakan 10,3%, pedagang 4,45%, PNS 1,05%, lain-lainnya 15,16%. Selain itu sarana dan prasarana yang mendukung perekonomian Desa Pallimae terdapat toko/kios 20 buah, angkutan umum 8 buah, industri kecil 30 buah, Usaha Kerajinan 50 buah.

C.    Keadaan Pendidikan Desa Pallimae
Penduduk Desa Pallimae sampai sekarang masih banyak didominasi oleh jumlah tamatan Sekolah Dasar (SD) yaitu 1240 orang, tamatan SMP 308 orang dan tamatan SMA 72 orang, sedangkan tamatan sarjana atau perguruan tinggi sangatlah minim yakni 5 orang. Dalam hal sarana dan prasarana Desa Sukaharja memiliki PAUD 2 buah dan SD 2 buah. Namun, kondisi yang berbeda terlihat dari Anak-anak Desa Pallimae mereka sangat antusias dalam belajar, misalnya saja ketika mengadakan Bimbingan Belajar yang sasarannya anak Sekolah Dasar dari kelas 1 sampai kelas 6, mereka sangat antusias mengikuti bimbel tersebut dan kegiatan Bimbingan Belajar tersebut mendapat dukungan yang sangat positif dari orang tua murid.
D.    Keadaan Sosial dan Pemerintahan Daerah Lokasi
Masyarakat Desa Pallimae masih sangat menjunjung tinggi rasa Gotong Royong. Hal ini terlihat dari proses pembangunan irigasi yang pembiayaannya penuh dari desa yang diperuntukkan untuk meningkatkan perekonomian. Masyarakat Desa Pallimae sangat antusias dalam hal pembangunan Irigasi tersebut. Adapun kegiatan sosial yang menyangkut keagamaan diantaranya Yassinan dan Dzikir Bersama yang dilakukan rutin tiap malam Jum’at di 3 Masjid se Desa Pallimae. Keadaan pemerintah Desa Pallimae terlihat sangat baik, hal itu bisa dilihat dari kehadiran aparat desa setiap harinya.

E.     Prasarana dan Sarana
Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia perlu ditunjang dengan kelengkapan sarana dan prasarana baik sarana pendidikan, kesehatan maupun fasilitas-fasilitas umum. Untuk mengetahui sarana dan prasarana di Desa Pallimae dapat dilihat pada Tabel 2.1 berikut ini :

Tabel 2.1 Prasarana dan Sarana
No.
Prasarana / sarana
Keterangan
Kondisi
1
Kantor Desa
1 Buah
Baik
2
Balai Pertemuan Desa
1 Buah
Baik
3
Jalan Desa
6 Km
Baik 1 km, Rusak 5 km
4
Masjid
3 Buah
Baik
5
Sekolah
4 Buah
Baik
6
Poskesdes
1 Buah
Baik
7
Posyandu
2 Buah
Baik
8
Pos Kamling Desa
2 Buah
Baik
9
Tempat Pemakaman Umum
2 Buah
Baik
10
Kendaraan Umum R4
8 Buah
Baik
11
Jembatan
5 Buah
Baik
12
Perahu/bermotor tempel
320 Buah
Baik
Sumber : Data Profil Desa Pallimae















BAB III
PERMASALAHAN KEBUTUHAN

A.    Observasi Lapangan
      Observasi lapangan dilaksanakan sebelum program kerja berjalan. Tujuan dilakukannya observasi adalah untuk mengetahui situasi dan kondisi di wilayah Desa Pallimae. Pada tanggal 30 Maret 2017 atau hari pertama di lokasi dilakukan kunjungan ke Kantor Desa dan kunjungan ke setiap Dusun yang ada di desa tersebut. Dalam kunjungan ini di temukan beberapa kendala di desa tersebut seperti akses jalan yang rusak parah.
      Gambaran umum Desa Pallimae yang diperoleh dari hasil observasi adalah sebagai berikut:
1.      Sebagian besar penduduk Desa Pallimae berprofesi sebagai petani, buruh tani, pedagang, dan beberapa PNS
2.      Kondisi jalan yang rusak berat dan yang bagus hanya sekitar 1 km
Dalam menjalankan suatu program kerja yang paling penting diperhatikan adalah permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh wilayah tersebut. Dalam hal ini yang harus dilakukan adalah melakukan observasi lapangan sekaligus melakukan sosialisasi di wilayah yang bersangkutan.
      Pada tanggal 31 Maret 2017 dilaksanakan rapat posko. Dalam rapat posko disepakati untuk melakukan kunjungan ke kantor desa, kunjungan ke rumah-rumah kepala dusun, dan kunjungan ke warga-warga sekitar. Salah satu tujuan kunjungan terebut adalah untuk bersosialisasi dengan warga dan lingkungan sekitar.

B. Permasalahan Yang Mungkin Muncul
      Setelah melakukan observasi keliling Desa ditemukan beberapa hal yang seharusnya dikembangkan maupun dibenahi kembali di Desa Pallimae. Berdasarkan situasi potensi desa beberapa aspek yang perlu dibenahi ataupun dikembangkang kembali, yaitu:
1.      Aspek pendidikan
·         Kekurangan Guru di SDN No. 290 Pallimae
·         Kegiatan Ekstrakulikuler yang kurang bagi anak-anak
·         Perlunya penyusunan ulang buku-buku di perpustakaan SDN No. 290 Pallimae sesuai dengan aturan kamus DDW
·         Perlunya pembenahan mading sekolah di SDN No. 290 Pallimae
·         Kurangnya media pembelajaran di PAUD KB Pallimae 1 dan PAUD KB Pallimae 2 serta dinding paud yang perlu diberi gambar yang menarik
·         Perlunya mengajarkan sifat hemat kepada siswa SD agar tidak berprilaku konsumtif
2.      Aspek Prasarana
·         Cat Pagar Kantor Desa yang kusam sehingga perlu untuk di cat kembali/diperbaharui
·         Tidak adanya tanda petunjuk jalan menuju Desa sehingga membuat kita kesasar ke desa tetangga seperti yang dialami teman-teman dari posko lain yang berkunjung ke posko.
3.       Kesehatan dan Kebersihan
·         Kondisi masjid yang plafonnya terdapat sarang laba-laba ataupun kaca dan jendela yang berdebu sehingga perlunya dibersihkan
·         Halaman kantor desa yang juga perlu di tambahkan bunga-bunga
·         Antusiasme Ibu-ibu dalam olahraga senam namun kurangnya instruktur senam
4.      Kerohanian
·         Masih adanya siswa yang belum paham atau belum memenuhi cara berwudhu yang baik dan benar
·         Adanya kegiatan tiap desa/pengurus masjid pada peringatan Isra Mi’raj sehingga perlunya berpartisipasi membantu kelancaran kegiatan tersebut
·         Perlunya berpartisipasi untuk menambah iman dan taqwa kami dengan mengikuti kegiatan Yasinan dan Dzikir Bersama di Masjid terdekat setiap malam jumat
Beberapa aspek tersebut menjadi pertimbangan kami sebagai mahasiswa KKN UNM XXXVI Tahun 2017 di Desa Pallimae dalam memilih program kerja yang nantinya  akan dilaksanakan selama enam minggu.
Ada beberapa aspek yang ditinjau lebih jauh. Hal tersebut dikarenakan terbatasnya waktu di Desa Pallimae kemudian dilakukan peninjauan lebih detil yang sangat menonjol di Desa Pallimae.





















BAB IV
PERUMUSAN PROGRAM KERJA

A.    Program Kerja
      Pada tanggal 2 April 2017 dilakukan seminar program kerja yang bertempat di Balai Pertemuan Desa Pallimae. Dari hasil musawarah dengan masyarakat Desa Pallimae disepakati beberapa program kerja yang akan dilaksanakan. Ada tiga belas program kerja yang akan dijalankan selama masa Kuliah Kerja Nyata di Desa Pallimae:
1.      Bidang Kegiatan Pendidikan:
1.1.   Mengajar di SD dan PAUD
a.    Tujuan :
·      Pengembangan potensi diri dan wawasan serta kreatifitas sebagai guru nantinya
·      Membantu pelaksanaan kegiatan belajar mengajar
b.   Sasaran                      : Siswa
c.    Waktu Pelaksanaan   : Dikondisikan setiap Senin-Sabtu
d.   Lokasi                        : SDN No. 290 dan PAUD KB 1 & 2
1.2.   Bimbingan Belajar Untuk Siswa
a.    Tujuan :
·      Untuk menambah pengetahuan siswa di luar kelas
b.   Sasaran                      : Siswa SDN No. 290 Pallimae
c.    Waktu Pelaksanaan   : Dikondisikan setiap sore hari
d.   Lokasi                        : Sekolah Posko
1.3.   Pembenahan Perpustakaan SDN No. 290 Pallimae
a.    Tujuan :
·      Mengkalisfikasikan buku-buku sesuai dengan aturan kamus DDW
·      Membantu pihak sekolah dalam menghadapi lomba sekolah se-Kecamatan Sabbangparu
b.   Sasaran                      : Perpustakaan Sekolah
c.    Waktu Pelaksanaan   : 3 April – 5 April 2017
d.   Lokasi                        : Sekolah  SDN No. 290 Pallimae
1.4.   Pembenahan Mading Sekolah SDN No. 290 Pallimae
a.    Tujuan :
·      Mengaktifkan kembali mading yang sudah ada dengan memperbaharuinya
·      Memberi wadah untuk mengembangkan kreatifitas dan aspirasi siswa
b.   Sasaran                      : Mading Sekolah
c.    Waktu Pelaksanaan   : 3 April – 5 April 2017
d.   Lokasi                        : Sekolah  SDN No. 290 Pallimae
1.5.   Sosialisasi tentang pentingnya Menabung
a.    Tujuan :
·      Membiasakan hidup hemat dan mengatur keuangan
·      Mengindari sikap konsumtif yang berlebihan
b.   Sasaran                      : Siswa
c.    Waktu Pelaksanaan   : Kamis, 27 April 2017
d.   Lokasi                        : Sekolah  SDN No. 290 Pallimae
1.6.   Mendekor PAUD KB Pallimae 1
a.    Tujuan :
·      Menambahkan ornamen yang bersifat edukatif
·      Memberikan gambar menarik pada dinding sekolah
b.   Sasaran                      : Siswa
c.    Waktu Pelaksanaan   : 13 April – 20 April 2017
d.   Lokasi                        : Sekolah  PAUD KB Pallimae 1
1.7.   Mendekor PAUD KB Pallimae 2
a.    Tujuan :
·      Menambahkan ornamen yang bersifat edukatif
·      Memberikan gambar menarik pada dinding sekolah
b.   Sasaran                      : Siswa
c.    Waktu Pelaksanaan   : 1 Mei – 9 Mei 2017
d.   Lokasi                        : Sekolah  PAUD KB Pallimae 1
2.      Bidang Kegiatan Prasarana
2.1.   Pembaharuan Pagar Kantor Desa
a.       Tujuan :
·      Memperbaharui warna cat pagar Kantor Desa agar tidak terlihat kusam dan berlumut
b.      Sasaran                      : Pagar Kantor Desa
c.       Waktu Pelaksanaan   : Kamis, 27 April 2017
d.      Lokasi                        : Kantor Desa
2.2.   Tanda Petunjuk Jalan
a.       Tujuan :
·      Sebagai pentunjuk jalan menuju Desa Pallimae
·      Memberikan gambar menarik pada dinding sekolah
b.      Sasaran                      : Masyarakat
c.       Waktu Pelaksanaan   :
·      Pembuatan            : Rabu, 26 April 2017
·      Pemasangan          : Jumat, 5 Mei 2017
d.      Lokasi                        : Jalan Andi Laesu
3.      Bidang Kegiatan Kesehatan dan Kebersihan
3.1.   Jumat Bersih
a.       Tujuan :
·      Meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan
·      Melakukan penyuluhan kebersihkan di lingkungan  kepada masyarakat sekitar
b.      Sasaran                      : Masjid, Kantor Desa, Lingkungan Sekitar
c.       Waktu Pelaksanaan   : Setiap hari Jumat


d.      Lokasi                        :
·      Kantor Desa
·      Masjid Surya Manyyili
·      Masjid Syuhada 45
·      Sekitar Posko 8 KKN UNM Desa Pallimae
3.2.   Senam Sehat
a.       Tujuan :
·      Menjadikan tubuh agar tetap sehat dan bugar
b.      Sasaran                      : Masyarakat
c.       Waktu Pelaksanaan   : Setiap hari Minggu
d.      Lokasi                        : Balai Pertemuan Desa
4.      Bidang Kegiatan Keagamaan
4.1.   Peringatan Isra Mi’raj
a.       Tujuan :
·      Membantu pengurus masjid dalam melaksanakan kegiatan
·      Bersosialisasi dan silaturahmi antar warga
·      Memberikan gambar menarik pada dinding sekolah
b.      Sasaran                      : Masyarakat
c.       Waktu Pelaksanaan   : 31 Maret, 6 April dan 9 April 2017
d.      Lokasi                        :
·      Masjid Syuhada 45
·      Masjid Babussa’adah
·      Masjid Surya 
4.2. Yasinan dan Dzikir Bersama
a.       Tujuan :
·      Meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Allah SWT
·      Merupakan kegiatan rutin warga Desa Pallimae
b.      Sasaran                      : Masyarakat
c.       Waktu Pelaksanaan   : Setiap malam Jumat
d.      Lokasi                        : Masjid Surya Manyyili
4.3.   Sosialisasi tentang Cara Berwudhu
a.       Tujuan :
·      Menyampaikan contoh berwudhu yang baik dan benar
b.      Sasaran                      : Masyarakat
c.       Waktu Pelaksanaan   : Kamis, 27 April 2017
d.      Lokasi                        : Sekolah SDN No. 290 Pallimae


























REKAPITULASI PROGRAM KERJA
POSKO 8
DESA PALLIMAE, KECAMATAN SABBANGPARU, KABUPATEN WAJO
No.
BIDANG KEGIATAN
PROGRAM KERJA
TUJUAN
SASARAN
PENANGGUNG JAWAB
WAKTU PELAKSANAAN
1.
Pendidikan
a.       Mengajar di Sekolah
1)      PAUD
2)      SD
Pengembangan potensi diri dan wawasan serta kreatifitas
Siswa SD dan PAUD
1.   Ulfiah Mustaming
2.   Nurul Wafiyyah

Dikondisikan Setiap Senin-Sabtu selama masa KKN
b.      Bimbingan belajar untuk SD
Mengembangkan keterampilan khusus anak
Siswa SD
Amalia Ulfa Fadilani
Dikondisiskan setiap sore hari
c.       Sosialisasi tentang pentingnya menabung
Membiasakan hidup hemat dan mengatur keuangan
Siswa SD
A. M. Arafandi
Minggu Kelima
d.      Mendekor PAUD/KB
1)      KB Pallimae 1
2)      KB Pallimae 2
Menambahkan ornamen yang bersifat edukatif
Sekolah PAUD
1.     Satriani
2.     Amalia Ulfa Fadilani
Minggu ketiga dan Minggu keenam
e.       Pembenahan Perpustakaan SDN No. 290 Pallimae
Mengklasifikasikan buku sesuai dengan aturan kamus DDW
Perpustakaan Sekolah
Rara Rezky Setiawati
Minggu pertama
f.        Pembenahan mading sekolah SDN No. 290 Pallimae
Memberi wadah untuk mengembangkan kreatifitas dan aspirasi siswa
Sekolah SD
Nurul Wafiyyah
Minggu pertama
2.
Prasarana
a.       Pembaharuan pagar Kantor Desa
Memperbaharui cat pagar kantor desa
Kantor Desa
Achmad Faiz
Minggu ketiga
b.      Tanda Petunjuk Jalan
Sebagai informasi menuju ke kantor desa
Masyarakat
A. M. Arafandi
Minggu keenam
3.
Kesehatan dan Kebersihan
a.       Jum’at Bersih
Melakukan pembersihan di Desa Pallimae
Masjid, Kantor desa dan Lingkungan sekitar
Achmad Faiz
Setiap hari Jum’at
b.      Senam Sehat
Menjadikan tubuh agar tetap sehat dan bugar
Masyarakat
Ulfiah Mustaming

Setiap hari Minggu
4.
Kerohanian
a.       Berpartisipasi dalam Peringatan Isra mi’raj
1)      Masjid Syuhada 45
2)      Masjid Babussa’adah
3)      Masjid Surya 
Bersosialisasi dan silaturahmi antar warga

Masyarakat
1.     Rara Rezky Setiawati
2.     Devi Rusnawati
Minggu Pertama
b.      Mengikuti Dzikir Bersama Warga Desa Pallimae
Mendekatkan diri kepada Allah SWT dan meningkatkan keimanan
Masyarakat
Devi Rusnawati
Setiap Malam Jumat
c.       Sosialisasi tentang cara berwudhu di SD
Menyampaikan cara berwudhu benar
Siswa SD
Satriani
Minggu kelima

KALENDER KERJA
POSKO 8
DESA PALLIMAE, KECAMATAN SABBANGPARU, KABUPATEN WAJO


RABU, 29 Maret 2017
KAMIS, 30 Maret 2017
JUMAT, 31 Maret 2017
SABTU, 1 April 2017
MINGGU, 2 April 2017
Tiba di lokasi KKN
Tahap Observasi
·       Tahap Observasi
·       Peringatan Isra Mi’raj
Tahap Observasi
Seminar Program Kerja
SENIN, 3 April 2017
SELASA, 4 April 2017
RABU, 5 April 2017
KAMIS, 6 April 2017
JUMAT, 7 April 2017
SABTU, 8 April 2017
MINGGU, 9 April 2017
·    Pembenahan Perpustakan
·    Pembuatan Mading di SDN No. 290 Pallimae
·    Pembenahan Perpustakan
·    Pembuatan Mading di SDN No. 290 Pallimae
·    Pembenahan Perpustakaan
·    Pembuatan Mading di SDN No. 290 Pallimae
·       Peringatan Isra Mi’raj
·       Yasinan dan Dzikir bersama
Jumat Bersih di Masjid Surya
Mengajar di SDN No. 290 Pallimae
Peringatan Isra Mi’raj
SENIN, 10 April 2017
SELASA, 11 April 2017
RABU, 12 April 2017
KAMIS, 13 April 2017
JUMAT, 14 April 2017
SABTU, 15 April 2017
MINGGU, 16 April 2017
·    Mengajar di SD dan KB
·    Bimbingan Belajar Siswa
·    Mengajar di SD dan PAUD
·    Bimbingan Belajar Siswa
·    Mengajar di SD dan PAUD
·    Bimbingan Belajar Siswa
·    Mengajar di SDN No. 290 Pallimae
·    Pembenahan media PAUD KB Pallimae
Jumat Bersih di Kantor Desa Pallimae
·    Persiapan Tempat Seminar Program Kerja Kecamatan
·    Bimbingan Belajar Siswa
Seminar Program Kerja Kecamatan
SENIN, 17 April 2017
SELASA, 18 April 2017
RABU, 19 April 2017
KAMIS, 20 April 2017
JUMAT, 21 April 2017
SABTU, 22 April 2017
MINGGU, 23 April 2017
·    Mengajar di PAUD KB Pallimae 1
·    Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 1
·    Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 1
·    Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 1
·    Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 1
·    Yasinan dan Dzikir Bersama
·    Jumat Bersih di Masjid Syuhada 45

Libur/Istirahat
Senam Sehat
SENIN, 24 April 2017
SELASA, 25 April 2017
RABU, 26 April 2017
KAMIS, 27 April 2017
JUMAT, 28 April 2017
SABTU, 29 April 2017
MINGGU, 30 April 2017
Pengecatan pagar Kantor Desa
Pengecatan pagar Kantor Desa
Pembuatan tanda jalan petunjuk jalan
·    Sosialisasi tentang pentingnya Menabung
·    Sosialisasi cara berwudhu
·    Jumat Bersih di sekitar Posko
·    Pengecatan pagar Kantor Desa
Libur/Istirahat
Bimbingan Belajar siswa SD
SENIN, 1 Mei 2017
SELASA, 2 Mei 2017
RABU, 3 Mei 2017
KAMIS, 4 Mei 2017
JUMAT, 5 Mei 2017
SABTU, 6 Mei 2017
MINGGU, 7 Mei 2017
Pembuatan Media Pembelajaran PAUD KB Pallimae 2
Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 2
Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 2
·    Pelaksanaan Proker Kecamatan Lomba Senam
·    Yasinan dan Dzikir Bersama
·    Jumat Bersih di sekitar Posko
·    Pemasangan Tanda Petunjuk Jalan
Pengecatan mural dinding PAUD KB Pallimae 2
Pengecatan permainan perosotan dan ayunan PAUD Pallimae 2
SENIN, 8 Mei 2017
SELASA, 9 Mei 2017
RABU, 10 Mei 2017
KAMIS, 11 Mei 2017
JUMAT, 12 Mei 2017
SABTU, 13 Mei 2017
MINGGU, 14 Mei 2017
Pemasangan Media Pembelajaran PAUD KB Pallimae 2
Pemasangan Media Pembelajaran PAUD KB Pallimae 2
Pelaksanaan Proker Kecamatan Donor Darah
Yasinan dan Dzikir Bersama
Jumat bersih di Sekitar Posko
Program Tambahan jika ada
Program Tambahan jika ada
SENIN, 15 Mei 2017
SELASA, 16 Mei 2017
RABU, 17 Mei 2017
KAMIS, 18 Mei 2017

Program Tambahan jika ada
Ramah Tamah / Perpisahan di Balai Desa
Bersih-bersih Posko dan packing barang persiapan Penarikan
Penarikan kembali ke Kampus UNM




BAB V
HASIL PELAKSANAAN PROGRAM

A.    Pelaksanaan Program KKN
1.      Bidang Kegiatan Pendidikan
1.1.   Mengajar di SD dan PAUD
a.    Tingkat Keberhasilan : 85%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Guru dan Murid sangat antusias terhadap kehadiran kami
c.    Faktor Penghambat     :
·      Jalanan yang rusak sehingga akses ke lokasi jadi terhambat
·      Kurangnya transportasi umum ke lokasi
·      Terhalangnya kegiatan karena hujan pada pagi hari
Program kegiatan mengajar untuk SD dilaksanakan di SDN No. 290 Pallimae pada minggu ke dua hingga minggu ke tiga dengan lima kali pertemuan. Adapun jumlah murid rata-rata pada setiap pertemuan adalah 10 siswa tiap kelas. Mata pelajaran yang biasa dibawakan sesuai dengan permintaan dari guru sekolah seperti Bahasa Inggris, Seni Budaya, dan Bahasa Indonesia.
Program kegiatan mengajar berikutnya adalah mengajar di PAUD tepatnya di PAUD Pallimae 1 yang dilakukan pada minggu ke tiga dan empat dengan empat kali pertemuan. Kami mengajar di dua kelas pada PAUD tersebut yaitu di Kelompok A dan Kelompok B. Jumlah murid di Kelompok A sebanyak 10 anak sedangkan jumlah murid di Kelompok B sebanyak 15 anak.
1.2.   Bimbingan Belajar Untuk Siswa
a.    Tingkat Keberhasilan : 80%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Guru dan orang tua murid sangat mendukung kegiatan ini
·      Antusiasme siswa pada proses bimbingan

c.    Faktor Penghambat     :
·      Proses bimbingan belajar di luar jam sekolah, sehingga sulit menentukan waktu yang tepat agar tidak bertabrakan dengan program lainnya.
·      Adanya isu tentang bahaya penculikan anak sehingga orang tua menjadi khawatir apabila anak keluar rumah. Terlebih jarak antara posko yang menjadi tempat pelaksanaan bimbingan dengan rumah siswa terbilang jauh hanya dapat dijangkau menggunakan kendaraan.
Bimbingan belajar yang diberikan kepada siswa berupa keterampilan memainkan alat musik seperti gitar dan Pianika serta keterampilan melipat kertas. Adapun bimbingan lainnya adalah penguasaan kosa kata Bahasa Inggris dan perkalian. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada minggu ke tiga dan minggu ke lima dengan lima kali pertemuan. Pertemuan yang awalnya dilaksanakan di posko kemudian dipindahkan ke kawasan sekolah dikarenakan adanya isu penculikan anak sehingga untuk lebih amannya proses bimbingan belajar dilaksanakan disekitaran sekolah.
1.3.   Pembenahan Perpustakaan SDN No. 290 Pallimae
a.    Tingkat Keberhasilan : 95%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Alat dan bahannya telah disediakan oleh pihak sekolah
·      Akomodasi berupa konsumsi saat pengerjaan oleh guru
·      Partisipasi siswa untuk bekerja sama dengan mahasiswa KKN sangat baik begitupun dengan pihak guru dan kepala sekolah
c.    Faktor Penghambat     :
·      Kondisi buku-buku yang tidak tersusun dengan rapi membuat peserta kami harus bekerja ekstra dan semaksimal mungkin.
·      Waktu untuk merampungkan pembenahan sangat sedikit mengingat waktu pemeriksaan dan penilaian sekolah dalam rangka lomba sekolah sehat sudah dekat.
      Pembenahan perpustakaan sekolah dilakukan pada minggu ke pertama KKN yang membutuhkan waktu selama tiga hari untuk merampungkan semua pekerjaan di perpustakaan.
1.4.   Pembenahan Mading Sekolah SDN No. 290 Pallimae
a.    Tingkat Keberhasilan : 90%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Alat dan bahannya telah disediakan oleh pihak sekolah
·      Akomodasi berupa konsumsi saat pengerjaan
·      Partisipasi siswa untuk bekerja sama dengan mahasiswa KKN sangat baik begitupun dengan pihak guru dan kepala sekolah
c.    Faktor Penghambat     :
·      Yang menjadi penghambat adalah bukan pada proses pembuatannya, melainkan pemasangannya yang sempat membuat bingung karena susahnya mencari tempat yang strategis untuk mading tersebut.
      Hasil yang diperoleh dalam pembenahan mading yang dilakukan ini membuat anak-anak berantusias ingin menampilkan hasil karyanya untuk di tampilkan di mading. Selain itu kami telah memfasilitasi anak-anak untuk belajar dan menampilkan hasil belajarnya.
1.5.   Sosialisasi tentang pentingnya Menabung
a.    Tingkat Keberhasilan : 95%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Partisipasi siswa yang sangat antusias
·      Kebanyakan siswa sudah mempunyai celengan
c.    Faktor Penghambat     :
·      Tidak adanya proyektor sehingga presentasi kurang menarik.
Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu ke lima tepatnya di hari kamis yang bertempat di SDN No. 290 Pallimae. Adapun yang menjadi pesertanya yaitu menggabungkan seluruh siswa yang ada di sekolah dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman sejak dini tentang pentingnya menabung. Seluruh siswa sangat semangat mengikutinya apalagi dalam sosialisasi ini kami tidak hanya memberikan materi melainkan kami memberikan sebuah  games sehingga para siswa tidak bosan.
1.6.   Mendekor PAUD KB Pallimae 1
a.       Tingkat Keberhasilan : 95%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Alat dan bahannya sebagian besar disediakan oleh pihak sekolah
c.    Faktor Penghambat     :
·      Akses ke lokasi tidak terlalu mendukung, terlebih jika setelah turun hujan.
Kegiatan mendekor di PAUD KB Pallimae 1 dilakukan pada minggu ke tiga dan empat yang berlangsung selama lima hari. Kami membuat gantungan dan tempelan hiasan kelas yang dapat memberikan kesan indah dalam kelas. Kemudian kami membuat mural di bagian depan dan samping kiri sekolah yang kemudian diwarnai menggunakan cat.
1.7.   Mendekor PAUD KB Pallimae 2
a.    Tingkat Keberhasilan : 90%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Alat dan bahannya sebagian besar disediakan oleh pihak sekolah
c.    Faktor Penghambat     :
·      Kurangnya cat sehingga hasil dari dari pengecatan di dinding bagian dalam tidak maksimal.
Kegiatan mendekor di PAUD KB Pallimae 2 dilakukan pada minggu ke enam hingga minggu ke tujuh yang berlangsung selama tujuh hari kerja. Hal pertama yang dilakukan adalah membersihkan bagian dalam PAUD. Kemudian membuat mural di bagian depan sekolah dan pengecatan di bagian dalam kelas. Setelah itu memberikan media yang berupa media tempel dan gantung yang mendukung proses pembelajaran dan memperindah tampilan dalam dan luar kelas. Kami membuat gantungan dan tempelan hiasan kelas yang dapat memberikan kesan indah dalam kelas. Kegiatan selanjut dari dekor PAUD ini adalah pengacatan permainan yang ada di halaman sekolah dan pengecatan alat permainan edukatif untuk kebutuhan bermain peran. Kegiatan terakhir yaitu merapikan dan mengelompokkan alat permainan berdasarkan fungsinya
2.      Bidang Kegiatan Prasarana
2.1.   Pengecatan Pagar Kantor Desa
a.    Tingkat Keberhasilan : 100%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Alat dan bahannya telah disediakan oleh perangkat desa
c.    Faktor Penghambat     :
·      Kondisi cat pagar sudah sangat kusam sehingga waktu yang digunakan untuk membersihkan lumut agak lama.
Pengecatan di pagar kantor desa dilakukan pada minggu ke lima selama tiga hari kerja. Hal yang pertama yang dilakukan adalah membersihkan lumut dan cat lama dan pagar. Warna cat yang digunakan adalah warna dasar putih kemudia orange.
2.2.   Tanda Petunjuk Jalan
a.    Tingkat Keberhasilan : 100%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Alat dan bahannya tidak terlalu susah didapatkan karena diperoleh dari kayu yang tidak terpakai oleh masyarakat.
c.    Faktor Penghambat     :
·      Kesibukan pada proker lain membuat pemasangan tanda petunjuk jalan sering tertunda.
Tanda petunjuk jalan yang dimaksud adalah petunjuk keberadaan kantor desa. Pemberian tanda ini agar memudahkan pengunjung yang datang untuk menemukan kantor desa karena selama ini belum ada tanda petunjuk untuk keberadaan kantor desa.


3.      Bidang Kegiatan Kesehatan dan Kebersihan
3.1.   Jumat Bersih
a.    Tingkat Keberhasilan : 85%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Kerjasama yang baik antara pengurus masjid, pemerintah setempat dan mahasiswa KKN.
c.    Faktor Penghambat     :
·      Partisipasi warga yang kurang sebab kebanyakan aktifitas warga sibuk pada pagi hari seperti bertani di sawah/kebun.
Kegiatan jumat bersih dilakukan setiap hari jumat selama kegiatan KKN berlangsung. Adapun sasaran dari jumat bersih ini adalah di Masjid, kantor desa dan balai desa, serta pekarangan posko. Jumat bersih di Masjid dilaksanakan di Masjid Surya Pallimae dan Masjid Syuhada Pallimae. Adapun bentuk dari jumat bersih di kantor desa dan balai desa yaitu mencabut rumput di pekarangan kantor desa dan membersihkan debu di bagian dalam kantor desa serta balai desa.    
3.2.   Senam Sehat
a.    Tingkat Keberhasilan : 70%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Dukungan dari perangkat desa khususnya kepala desa dan sekretaris desa sangat baik.
·      Tersedianya balai pertemuan desa sebagai tempat untuk senam.
c.    Faktor Penghambat     :
·      Kesibukan dari warga khususnya ibu-ibu membuat program ini tidak mencapai target
Kegiatan senam sehat dilakukan pada minggu ke empat. Berhubung karena adanya program  Lomba senam se-kecamatan Sabbangparu yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Sabbangparu maka latihan senam dilakukan setiap hari menjelang hari lomba. Peserta lomba senam sehat maumere dari pallimae yang merupakan binaan dari peserta KKN mendapatkan juara II kategori kostum terbaik dimana bahan dari kostum adalah bahan yang didaur ulang.

4.      Bidang Kegiatan Keagamaan
4.1.   Partisipasi pada Peringatan Isra Mi’raj
a.    Tingkat Keberhasilan : 100%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Dukungan dari warga dengan partisipasi mahasiswa KKN dalam pelaksanaan acara sangat baik.
c.    Faktor Penghambat     :
·      Kondisi jalan ke salah satu masjid tidak terlalu bagus menjadikan perjalanan terhambat.
·      Kendaraan umum yang sedikit membuat satu-satunya teman yang memilik kendaraan harus membuatnya mengantar teman satu persatu ke lokasi
Partisipasi mahasiswa pada kegiatan Isra Mi’raj di Desa Pallimae dilakukan di 3 mesjid yaitu yang pertama di Masjid Syuhada 45 berlokasi di dusun Mannyili Alau kemudian di Masjid Babussa’ada yang berlokasi di dusun Salotenga dan yang terakhir di Masjid Surya Pallimae yang berlokasi di Dusun Mannyili. Adapun partisipasi tambahan yaitu di masjid persantren di desa talotentreng.
4.2. Partisipasi Yasinan dan Dzikir Bersama
a.    Tingkat Keberhasilan : 100%
b.   Faktor Pendukung      :
·      Antusiasme dari warga dengan partisipasi mahasiswa KKN dalam pelaksanaan acara sangat baik.
·      Merupakan kegiatan rutin warga saat malam jumat
c.    Faktor Penghambat     :
·      Kegiatan dzikir mingguan tidak terlalu diminati warga dikarenakan kesibukan dari warga setiap pagi hingga sore membuat sedikit yang datang pada dzikir yang dilakukan pada waktu ba’da magrib hingga menjelang shalat isha.
Ada dua jenis kegiatan dzikir bersama di Desa Pallimae ini yaitu Yasinan dan Dzikir mingguan yang dilakukan setiap malam jumat di setiap desa pallimae dan Dzikir bulanan yang dilakukan secara bergiliran di Masjid Desa Pallimae setiap bulannya yang dihadiri oleh warga dan majelis dzikir dari berbagai masjid baik dari desa sendiri maupun di luar desa Pallimae.
4.3.   Sosialisasi tentang Cara Berwudhu
a.       Tingkat Keberhasilan : 90%
b.      Faktor Pendukung     :
·      Partisipasi siswa yang sangat antusias.
c.       Faktor Penghambat     :
·      Tidak adanya proyektor sehingga presentasi kurang menarik.
Kegiatan ini dilaksanakan pada minggu ke lima tepatnya di hari kamis yang bertempat di SDN No. 290 Pallimae. Adapun yang menjadi pesertanya yaitu menggabungkan seluruh siswa yang ada di sekolah dimulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Kegiatan ini dilaksanakan guna memberikan pemahaman sejak dini tentang cara berwudhu yang baik dan benar. Seluruh siswa sangat semangat mengikutinya apalagi dalam sosialisasi ini kami tidak hanya memberikan materi melainkan kami memberikan sebuah  games sehingga para siswa tidak bosan.

B.     Kendala Pelaksanaan Program Kerja
Adapun kendala-kendala yang umum kami hadapi selama pelaksanaan program kerja kami adalah:
1.      Kurangnya warga yang terlibat dalam pelaksanaan program kerja, karena sebagian besar warga beraktifitas di sawah/kebun dari pagi sampai sore.
2.      95% akses jalan  di Desa Pallimae rusak sehingga saat hujan turun jalanan menjadi becek dan licin
3.      Kurangnya transporasi umum yang keluar masuk di desa Pallimae.















BAB VI
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dari seluruh rangkaian kegiatan KKN yang dilaksanakan di Desa Pallimae, Kecamatan Sabbangparu, Kabupaten Wajo yang dilaksanakan selama kurang lebih 2 bulan yaitu pada tanggal 29 Maret – 18 Mei 2017 menghasilkan kesimpulan sebagai berikut :
1.      Program kerja berlangsung sesuai yang direncanakan.
2.      Kegiatan yang dilakukan mendapat respon yang positif dari Pemerintah Desa Pallimae dan masyarakat setempat yang ditunjukkan dengan partisipasi dan kontribusi dalam setiap pelaksanaan program kerja.
3.      Dalam pelaksanaannya meski terdapat hambatan namun dapat diatasi.
Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata merupakan salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud tridharma perguruan tinggi.
Kuliah Kerja Nyata merupakan wadah aktualisasi diri bagi mahasiswa untuk terjun langsung dilapangan dan berhadapan langsung dengan masyarakat sebagai kalangan akademisi dan sebagai bagian dari masyarakat. Kuliah Kerja Nyata adalah kegiatan dimana para mahasiswa berbaur dengan masyarakat, berkomunikasi. Dan sebagai pelopor untuk merencanakan apa-apa yang dibutuhkan masyarakat.
Sangat dirasakan manfaat dalam pelaksanaan kegiatan ini peserta KKN berinteraksi dengan masyarakat untuk menjalin relasi, silaturahmi, dan berbagaipengalaman, informasi serta ilmu pengetahuan.
Dari kegiatan ini kami mahasiswa KKN UNM belajar tentang kehidupan masyarakat Desa Pallimae dalam menjalankan aktifitasnya. Hal ini merupakan pengetahuan tentang kehidupan sehingga menjadi bekal bagi kami peserta KKN lainnya dalam menjalankan kegiatannya ditengah masyarakat hari ini dan dimasa yang akan datang.
B.     Saran-saran
1.      Pemerintahan Desa Pallimae seharusnya bisa lebih memperhatikan keadaan desanya agar apa yang menjadi kekurangan dalam hal ini kondisi jalanan untuk dapat menanggulangi hal tersebut.
2.      Mengenai peluang pekerjaan, agar masyarakat Desa Pallimae tidak terjadi perpindahan penduduk ke kota agar di desa bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang memadai sesuai dengan keahlian masyarakat desa tersebut
3.      Koordinasi dengan pihak pemerintah Kabupaten Wajo yang menjadi lokasi sasaran KKN, sehingga tidak terjadi pemunduran jadwal pemberangkatan.
4.      Memperjelas program PPM dan memaksimalkan proses pembekalan terhadap mahasiswa sebelum tiba waktu pemberangkatan KKN.
5.      Memperbaiki koordinasi antara Pemerintah Kecamatan maupun Desa dan pembimbing KKN demi optimalisasi fungsi pengabdian kepada masyarakat. Serta memperbaiki fungsi pengarahan dan pengawasan oleh pembimbing KKN kepada mahasiswa.












DAFTAR PUSTAKA

Profil Desa/Kelurahan: Daftar isian data dasar profil Desa/Kelurahan Pallimae. Penyusun Direktorat Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa. Diterbitkan untuk Departemen Dalam Negeri Direktorat Jenderal Pembangunan Masyarakat Desa Oleh PT Pustaka Pembangunan Swadaya Nusantara.

Mulyadi, Ismail, dkk. 2016. Pedoman Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri. Makassar : Universitas Negeri Makassar


 













LAMPIRAN - LAMPIRAN

1.      Peta Desa

2.     



Struktur Organisasi

3.      Dokumentasi Kegiatan

·        







Mengajar di SD dan PAUD
·        









Bimbingan belajar



·        
Sosialisasi tentang pentingnya menabung










·        









Mendekor PAUD KB Pallimae 1






·        
Mendekor PAUD KB Pallimae 2



·        








Pembenahan Perpustakaan SDN No. 290 Pallimaestakaan SDN No. 290 Pallimae

·        







Pembuatan Mading Sekolah







·         Pembenahan Kantor Desa










·         Tanda Petunjuk Jalan











·         Jumat Bersih









·         Senam Sehat











·        
Sosialisasi tentang Cara Berwudhu










·        







Peringatan Isra Mi’raj

·        







Yasinan dan Dzikir Bersama

No comments:

Post a Comment